Beranda Berita Nasional Pergi Cari Kayu, Seorang Lansia di Cipaku Ciamis Ditemukan Meninggal

Pergi Cari Kayu, Seorang Lansia di Cipaku Ciamis Ditemukan Meninggal

Pergi-Cari-Kayu-Seorang-Lansia-di-Cipaku-Ciamis-Ditemukan-Meninggal.jpg

harapanrakyat.com.- Pergi mencari kayu bakar, seorang lansia di Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditemukan meninggal dunia di dalam kebun.

Kepala Desa Bangbayang, Asep Riky Darmawan membenarkan, ada warganya yang ditemukan di kebun dengan kondisi sudah meninggal dunia.

Korban bernama Bapak Ruswa (63), warga RT 04/13 Dusun Bangbayang Kidul. Orang yang menemukan korban yakni kakak kandungnya sekitar pukul 17.00 WIB. di kebun Blok Gondang, Cidangdarat.

“Saat kakaknya menemukan korban, ada luka pada bagian kening, kemungkinan karena terjatuh dan kepalanya membentur batu,” kata Asep kepada harapanrakyat.com, Kamis (18/5/2023). 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Tekan Inflasi, Wabup Ciamis Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Sumber Pangan

Asep menyebut, korban meninggal yang sudah lansia itu sudah terbiasa mencari kayu bakar. Kejadian korban jatuh seperti itu pun bukan yang pertama kalinya. 

“Beberapa waktu lalu juga korban sempat pingsan di dalam kebun, mungkin kelelahan karena faktor usia,” jelasnya.

Evakuasi Lansia yang Meninggal saat Cari Kayu Bakar

Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, Asep menuturkan, korban biasanya pulang dari kebun sekitar waktu dhuhur. 

Namun, berhubung sudah sore tidak kunjung datang ke rumah, jadi kakak kandungnya mencari korban ke tempat dia mencari kayu bakar.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Setibanya di kebun, kakak kandungnya menemukan korban sudah terbujur kaku. Melihat itu  kakaknya langsung berteriak minta tolong ke warga di sekitar kebun,”tutur Asep.

Kemudian, warga berdatangan ke lokasi korban lansia tersebut mencari kayu untuk menolongnya, namun, karena sudah meninggal masyarakat tidak berani menyentuhnya.

Baca Juga : Korban Kedua Wisatawan Tergulung Ombak Pantai Santolo Ditemukan Tewas Pagi Ini

Barulah setelah pihak Pemerintah Desa Bangbayang datang ke lokasi kejadian, masyarakat bersama aparat desa melakukan evakuasi terhadap korban.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Karena kondisinya menjelang malam dan jalan sempit, jadi kami mengevakuasi korban ke rumah duka dengan menggotongnya menggunakan sarung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Asep mengatakan, pihak keluarga korban menerima kejadian tersebut sebagai takdir. Sehingga pihak keluarga saat itu langsung menyemayamkan korban.

Peristiwa lansia yang meninggal di kebun saat mencari kayu bakar tersebut terjadi pada Sabtu lalu tanggal 13 Mei 2023. “Saat itu warga yang tempat tinggalnya di sekitar kebun sempat geger.” Pungkasnya. (Edji/R12/HR-Online/Editor-Rizki)