Beranda Berita Subang Program Pembangunan Desa Percontohan, Bupati Subang Terima Kunjungan Saemaul Foundation Korea Selatan

Program Pembangunan Desa Percontohan, Bupati Subang Terima Kunjungan Saemaul Foundation Korea Selatan

Program Pembangunan Desa Percontohan, Bupati Subang Terima Kunjungan Saemaul Foundation Korea Selatan

Bupati Subang H. Rahimat menerima kunjungan Saemaul Foundation Korea Selatan bersama Profesor Han Dong Geun serta Profesor Jeon Woo Seok dari Yeungnam University dalam rangka penyampaian program Saemaul Foundation yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Subang, Senin (8/5).

Saemaul Foundation (SF) Korea Selatan melalui Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) tersebut telah melaksanakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Subang dalam pelaksanaan program Pembangunan Desa Percontohan Saemaul yang berbasis pada kegiatan pemberdayaan masyarakat pedesaan melalui TPS3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

Adapun kunjungan tersebut dalam rangka penyampaian hasil survey yang telah dilakukan selama dua hari pada Sabtu dan Minggu lalu di Desa Wantilan untuk masterplan lima tahun kedepan kepada Bupati Subang. Sebelumnya, kerja sama dalam program pemeliharaan lingkungan telah dilakukan di Desa Tanjungwangi pada 2021 selanjutnya akan dilakukan di Desa Wantilan.

BACA JUGA:  Penyuluh Pertanian dari Kabupaten Subang Raih Penghargaan Penyuluh Pertanian Teladan Nasional 2024 dari Kementan

Dalam kegiatan tersebut, Prof. Han Dong Geun menyampaikan bahwa pihaknya mendapat tugas dari Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) untuk membuat sebuah masterplan program yang dikembangkan oleh Saemaul Foundation sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kebijakan pemerintah daerah.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan berusaha maksimal untuk memberikan program terbaik di Kabupaten Subang serta meminta dukungan dari pemerintah terkait pelaksanaan program. 

BACA JUGA:  Lapas Subang ikuti Apel Pagi Bersama, ini Pesan Penting Menkumham bagi Seluruh Jajaran

"Kami akan berusaha maksimal untuk perencanaan program demi kemajuan Subang dan masyarakat Subang," ujarnya. 

Sesuai pengamatan yang dilakukan, ia menyampaikan bahwa pihaknya berencana akan membuat pelatihan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Subang menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung terkait program yang digagas oleh Saemaul Foundation dan berharap kerja sama yang terjalin terutama mengenai pengolaan sampah dapat terus berlanjut. Menyangkut lingkungan, ia pun mengajak untuk melakukan penghijauan demi mengurangi pemanasan global.

BACA JUGA:  Pelantikan Anggota DPRD Subang Periode 2024-2029: Wajah Baru Dominasi

Ia juga menyampaikan terkait karakter masyarakat Subang untuk mencari nafkah diantaranya di bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan. Senada dengan hal tersebut, ia meminta bantuan serta kerjasama dalam bidang tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt Asda III Setda Kabupaten Subang, Kepala DPMD, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kabag Kerjasama Setda Kabupaten Subang dan tamu undangan lainnya.