Beranda Berita Nasional AMSI Gelar Pelatihan Manajemen Media, Diikuti 64 Media

AMSI Gelar Pelatihan Manajemen Media, Diikuti 64 Media

IMG-20230508-WA0066_kdNHDZfC7t_QdPjp0Ah5m.jpeg

harapanrakyat.com,- Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar pelatihan manajemen media, bisnis dan keberlanjutan media digital. Kegiatan tersebut diikuti oleh 64 media anggota AMSI dari 25 wilayah. Dilaksanakan secara daring dari tanggal 8-17 Mei 2023. Program ini terselenggara atas dukungan Internews dan USAID Media.

Pelatihan ini akan membahas berbagai topik, seperti business management, business enviromental, content development dan brand development. Ada juga distributor development, revenue development, audience development dan technology development.

Program pelatihan manajemen media ini merupakan yang ketiga kali. Tujuannya meningkatkan kemampuan media lokal untuk mengembangkan media digital. Sehingga media lokal dapat tumbuh sebagai media independen. Memiliki Tata kelola yang baik serta mampu memenuhi kebutuhan informasi publik dengan konten yang berkualitas.

Adi Prasetya, Direktur Eksekutif AMSI menuturkan pelatihan manajemen media merupakan program penting dalam pengembangan serta penyehatan ekosistem media AMSI. Berbeda dari tahun sebelumnya, pelatihan kali ini tidak membatasi jumlah peserta yang mendaftar.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Harapannya dengan kegiatan ini betul-betul bisa memberikan kemampuan teknis, kemampuan pengelolaan manajemen, kontent/editorial dan pengelolaan bisnis, klaster IT dan distribusi konten,” ungkapnya, saat pembukaan pelatihan, Senin (8/5/2023).

Pelatihan ini sebagai ikhtiar AMSI untuk mewujudkan misi supaya media anggota sehat baik dalam bisnis maupun kualitas konten.

Firmansyah Syamsi, Program Manager Internews Indonesia, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut.

Baca Juga: AMSI Bangun Indikator Kepercayaan Media, Dunia Usaha Butuh Pers Terpercaya

“USAID media dan Internews sangar mendukung program AMSI ini. Pelatihan manajemen media ini harapannya dapat meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya standarisasi produksi konten serta model bisnis media. Terutama media level provinsi, kabupaten atau kota. Sehingga dapat menerapkan pola manajemen serta saling berbagi pengamanan sesama pengelola media,” ujar Firmansyah.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Wenseslaus Mangut, Ketua Umum AMSI, mengawali pelatihan pertama dengan materi Business Enviromental Development. Dalam kesempatan itu, Wens mendorong supaya pengelola media selalu adaptif dengan ekosistem bisnis media yang kerap berubah mengikuti perkembangan teknologi.

“Jurnalisme masih tetap is the king, namun harus mendengarkan lebih banyak pihak. Ada banyak pihak yang turut menentukan dapat sampai ke publik. Kita juga masih harus berbagai meski telah sampai ke tangan pembaca. Itu adalah ekosistem bisnis media Siber yang saat ini kita alami,” ucap Wens.

Pelatihan Manajemen Media, AMSI Siapkan Sejumlah Trainer

Dalam pelatihan ini, AMSI telah menyiapkan sejumlah trainer yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Antara lain, Amrie Hakim (Chief of Media Hukumonline), Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com), Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Umum Beritajatim.com), Heru Tjatur (Buddyku-MNC), Wahyu Dhyatmika, (CEO Tempo Digital), Maryadi (Direktur Katadata Media Network), dan Citra Dyah Prastuti (Pemimpin Redaksi KBR.id).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

AMSI pun akan memilih 10 tim media yang akan mendapat pendampingan penguatan medis senilai Rp 15 juta. Pendampingan tersebut akan berlangsung selama 3 bulan.

AMSI juga akan berikan pendampingan terhadap 5 media yang telah lolos program pelatihan kelas Advance 2022 lalu. Pendampingan tersebut melibatkan Tim Newsgain yang punya pengamalan bisnis dan manajemen media online dari berbagai negara. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)