Beranda Berita Nasional Ini Dia Biang Kerok Banjir di Banjarsari Ciamis

Ini Dia Biang Kerok Banjir di Banjarsari Ciamis

Ini-Dia-Biang-Kerok-Banjir-di-Banjarsari-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Tiang penyangga jembatan Cimantri di Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, disebut sebagai biang kerok terjadinya banjir, yang merendam belasan rumah di wilayah tersebut.

Berdasarkan sumber informasi di lapangan, tiang penyangga jembatan Cimantri kerap menjadi sumber meluapnya air ke pemukiman. Hal tersebut lantaran selalu terjadi penyumbatan sampah.

Baca Juga: Sungai Cikaso Meluap, Belasan Rumah Terendam Banjir di Banjarsari Ciamis

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Bahkan, kejadian itu terjadi bukan hanya kali ini saja. Sebelumnya, banjir selalu terjadi ketika curah hujan turun dengan deras.

Kemudian anak sungai Cikaso meluap, yang mana salurannya mampet akibat tumpukan sampah yang menyumbat di tiang penyangga jembatan Cimantri.

Kepala Desa Sindanghayu, Yogi Yanuari, membenarkan biang kerok banjir selama ini karena penyumbatan yang selalu terjadi di bawah jembatan Cimantri.

“Memang tiang penyangga jembatan ini sangat besar dengan bentuk persegi. Sehingga saat air datang, sampah yang terbawa arus dari hulu langsung menumpuk dan terjadi penyumbatan,” jelasnya Senin (8/5/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Yogi mengaku bahwa pihaknya sudah menyampaikan terkait kendala tiang jembatan Cimantri yang selalu menjadi biang kerok banjir akibat penumpukan sampah ke DPUPRP Ciamis.

Baca Juga: Damkar Banjarsari Ciamis Bersihkan Banjir Air dan Lumpur yang Merendam Sekolah

Sebab, menurutnya untuk melakukan renovasi atau perbaikan tersebut kewenangannya ada di DPUPRP Ciamis.

“Maka kami hanya bisa sebatas menyampaikan saja. Sementara untuk mekanismenya semua kami serahkan. Namun mudah-mudahan saja cepat mendapatkan solusinya,” terangnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Pantauan harapanrakyat.com, untuk melancarkan saluran air yang merambah ke pemukiman, puluhan warga gotong royong mengangkat tumpukan sampah yang menyumbat bagian bawah jembatan Cimantri. (Suherman/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)