Beranda Berita Nasional 11 Jemaah Haji Kota Banjar Gagal Berangkat Tahun Ini, Kenapa?

11 Jemaah Haji Kota Banjar Gagal Berangkat Tahun Ini, Kenapa?

11-Jemaah-Haji-Kota-Banjar-Gagal-Berangkat-Tahun-Ini.jpg

harapanrakyat.com,- Sebanyak 11 orang jemaah haji asal Kota Banjar, Jawa Barat, dipastikan gagal berangkat ke tanah suci tahun ini.

Keberangkatan 11 jemaah haji tersebut tertunda, karena belum melunasi biaya haji hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

Diketahui, pemerintah telah menetapkan batas waktu pelunasan biaya haji 1444 H sejak tanggal 11 April sampai dengan tanggal 5 Mei 2023.

Kepala Kemenag Kota Banjar, Hamzah Rukmana, melalui Kasi Haji dan Umroh, Roidi Farisi mengatakan, berdasarkan data laporan akhir pelunasan tanggal 5 Mei, jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan sebanyak 167 orang.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sisanya, 11 orang jemaah haji asal Kota Banjar tidak melakukan pelunasan biaya haji. Adapun kuota haji (reguler) pada tahun ini untuk kota Banjar, yaitu sebanyak 178 orang. 

Baca Juga: Ongkos Haji Ditetapkan Rp 49,8 Juta, Kemenag Banjar: Tak Ada Jamaah Lakukan Pembatalan

Sedangkan untuk kuota cadangan sebanyak 17 orang. Dari kuota cadangan tersebut, 12 orang sudah melunasi pembayaran, dan 5 orang tidak melunasi pembayaran.

“Sampai batas akhir pembayaran, 11 jemaah haji tidak melakukan pelunasan. Secara otomatis pelaksanaan ibadah haji mereka tertunda,” kata Roidi Farisi kepada harapanrakyat.com, Senin (8/5/23).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kapan Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Kota Banjar?

Lanjutnya menjelaskan, alasan jemaah haji yang tidak melakukan pelunasan biaya sampai batas waktu yang telah ditetapkan tersebut, menurutnya cukup beragam. Ada yang karena faktor ekonomi (uang terpakai), ada juga yang karena meninggal dunia.

Untuk memenuhi kuota murni (reguler) tersebut, kata Roidi Farisi, akan diambilkan dari kuota haji cadangan.

“Untuk memenuhi kuota murni nanti kita ambil dari kuota haji cadangan yang sudah melunasi pembayaran,” jelasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Kemenag Imbau Warga Pangandaran Selektif Pilih Travel Umrah

Sedangkan untuk tahap persiapan pelaksanaan ibadah haji, rencananya dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan bimbingan haji kepada para jemaah. Sekaligus juga praktek manasik.

Sementara terkait jadwal keberangkatan untuk jemaah haji Kota Banjar, nantinya masuk gelombang pertama kloter 37. Sesuai jadwal berangkat dari Banjar pada tanggal 6 Juni mendatang.

“Sekarang masih tahap persiapan. Dalam waktu dekat kami akan melaksanakan bimbingan haji kepada para jemaah,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)