Beranda Berita Nasional Tebing Longsor Tutup Jalan Kabupaten di Cipaku Ciamis, Masyarakat Diminta Waspada

Tebing Longsor Tutup Jalan Kabupaten di Cipaku Ciamis, Masyarakat Diminta Waspada

Tebing-Longsor-1.jpg

harapanrakyat.com,- Tebing longsor tutup jalan kabupaten di Cipaku, tepatnya di lintas Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Bencana longsor tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur pada Kamis (04/05/2023) sore.

Kepala Desa Gereba Samsu mengatakan, kondisi tebing di tepi jalan kabupaten wilayah Dusun Ciroyom, Desa Gereba terbilang sangat labil. Sehingga, tingginya intensitas hujan yang mengguyur menyebabkan terjadinya bencana longsor.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Ia menyebutkan, banyaknya material tanah yang longsor menutup badan jalan mengakibatkan jalanan menjadi licin.

Agar akses jalan kabupaten di Cipaku tersebut kembali normal, masyarakat setempat melakukan evakuasi material tanah longsor dengan cara gotong-royong.

Baca Juga: Hujan Deras, Rumah Warga di Mekarjadi Ciamis Jebol Tertimpa Longsor

“Alhamdulillah, proses evakuasi material tanah termasuk lumpur di sepanjang badan jalan telah selesai dilakukan,” kata Samsu, Jumat (05/05/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sedangkan, untuk membersihkan lumpur sepanjang badan jalan dilakukan oleh petugas Pos WMK Damkar Kecamatan Kawali dengan cara disemprot air.

Samsu mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada apabila hujan deras kembali mengguyur. Terlebih masyarakat yang tempat tinggalnya berada di atas tebing atau di bawahnya agar terhindar dari bencana longsor. Mengingat cuaca saat ini masih extrim.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Ya, masyarakat harus selalu waspada agar hal yang tidak kita harapkan tidak terjadi,” tandasnya. (Dji/R3/HR-Online/Editor: Eva)