Beranda Berita Nasional Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Kota Bandung di Atas 90 Persen

Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Kota Bandung di Atas 90 Persen

ilustrasi-hotel.jpg

harapanrakyat.com – Selama libur Lebaran, okupansi atau tingkat hunian hotel di Kota Bandung, Jawa Barat, di atas 90 persen bahkan mencapai angka 95 persen.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Nuzrul Irwan mengatakan, okupansi hotel pada masa saat libur Idulfitri 1444 Hijriah, mengalami lonjakan cukup signifikan.

Pada 23 April 2023, kata Nuzrul, tingkat okupansi hotel di Kota Bandung bahkan mencapai 95,78 persen. Kemudian pada 24 April 2023, okupansi hotel mencapai 91,89 persen dan pada 25 April 2023 mencapai 86,45 persen.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Selundupkan Narkoba ke Rutan Kebonwaru Bandung, Dua Pengunjung Diamankan

“Untuk okupansi memang tahun sekarang lebih tinggi dari tahun kemarin. Berdasarkan data PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia), sekarang di Kota Bandung okupansinya tinggi,” ungkapnya di Kota Bandung, Kamis (4/5/2023).

Berdasarkan pemantauan pihaknya, wisatawan datang dari berbagai wilayah mulai dari Jakarta hingga para pemudik ke daerah Jawa. Namun, terdapat pula wisatawan mancanegara.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Lebih jauh, pihaknya juga mencatat kunjungan wisata sebanyak 44.915 wisatawan selama libur lebaran 2023.

“Peningkatan jumlah wisatawan telah terjadi sejak 23 April 2023 lalu atau H+1 Lebaran. Para wisatawan ini menyerbu berbagai kawasan kuliner dan taman-taman,” ujarnya.

Baca Juga : Sopir Bus TMP di Bandung Jadi Korban Pemukulan Orang tak Dikenal

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ia menjelaskan, peningkatan wisatawan di Kota Bandung, karena adanya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Para wisatawan banyak mengunjungi sejumlah objek wisata di Kota Bandung, seperti Kiara Arta Park hingga Taman Lalu Lintas. Pada libur Lebaran tahun ini, baik tingkat okupansi hotel maupun jumlah wisatawan ke Bandung, cukup tinggi,” tuturnya. (Rio/R13/HR Online)