Beranda Berita Nasional Pasca Lebaran, Pemohon AK1 di Disnaker Ciamis Meningkat

Pasca Lebaran, Pemohon AK1 di Disnaker Ciamis Meningkat

Pasca-Lebaran-Pemohon-AK-1-di-Disnaker-Ciamis-Meningkat.jpg

harapanrakyat.com,- Usai lebaran 1444 Hijriah atau 2023, pemohon kartu pencari kerja atau AK1 di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis, Jabar, meningkat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis, H Okta Jabal Nugraha ST MT melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dra Hj Nonok Nurlina, membenarkan hal itu Rabu (3/5/2023).

“Memang pemohon AK1 tahun ini tidak sebanyak seperti setelah lebaran tahun 2022 kemarin, tapi memang ada peningkatan dari hari hari biasanya,” ungkap Hj Nonok.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Lanjutnya, pada hari hari biasa pemohon AK1 paling antara 10 sampai 15 orang. “Kalau pas lebaran ini meningkat dari 30 orang sampai 80 orang, per hari,” katanya.

Hj Nonok melaporkan, pasca lebaran mulai tanggal 26 April sampai tanggal 2 Mei 2023, tercatat sudah ada 180 orang yang memohon AK1 ke Disnaker Ciamis. “Itu baru 4 hari saja,” ucapnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca juga: Peringati May Day, Disnaker Ciamis Bangun Spirit dan Sinergitas dengan Pekerja dan Pengusaha

Ia menambahkan, dari mulai Bulan Januari sampai April, kebanyakan yang memohon AK1 terjadi di bulan Januari sebanyak 431 pemohon, kemudian Februari 289 pemohon, Maret 176 pemohon dan April (sebelum libur lebaran) sebanyak 166 pemohon.

“Untuk setelah lebaran memang biasanya banyak perusahaan luar daerah membuka lowongan kerja. Sehingga ini jadi kesempatan pencaket di Ciamis untuk melamar pekerjaan,” paparnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Lanjutnya, rata rata pencaker yang meminta surat permohonan AK1, berniat melamar pekerjaan ke perusahaan di daerah industri seperti Cikarang, Bekasi, Karawang, sebagian wilayah Bandung dan juga ke Jakarta.

“Perusahaan di Ciamis juga banyak yang membuka lowongan pekerjaan, namun kebanyakan memilih ke luar daerah, karena alasan upah,” pungkas Hj Nonok. (R8/HR Online/Editor Jujang)