Beranda Berita Nasional Bencana Alam Sergap 6 Kecamatan di Kabupaten Bandung

Bencana Alam Sergap 6 Kecamatan di Kabupaten Bandung

Longsor-Sanding-Paseh.jpeg

harapanrakyat.com – Dalam sehari kemarin, Rabu (26/4/2023), bencana alam terjadi di 6 kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wilayah yang terkena bencana alam itu di antaranya Kecamatan Paseh, Dayeuhkolot, Pameungpeuk, Cimenyan, Arjasari, dan Majalaya.

BPBD Kabupaten Bandung mengungkapkan, jenis bencana yang terjadi di 6 kecamatan itu di antaranya banjir, longsor, dan sambaran petir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengatakan, bencana alam itu terjadi pada Rabu sore. Faktor pemicu bencana alam ini, lanjut Uka, yakni tingginya intensitas hujan.

Baca Juga : Bupati Ingatkan Potensi Bencana di Kabupaten Bandung

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Saat hujan lebat kemarin, 2 rumah di Kecamatan Cimaung yang tersambar petir dan mengalami kerusakan ringan,” ungkap Uka, Kamis (27/4/2023).

Akibat tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Bandung, lanjut Uka, bencana alam berupa banjir juga menerjang sejumlah wilayah. Seperti di antaranya di Majalaya, Dayeuhkolot, dan Pameungpeuk.

Di Kecamatan Majalaya, kata Uka, banjir menggenangi sedikitnya 60 rumah warga di 8 RW Desa Sukamaju. Ketinggian banjir antara 50 hingga 100 sentimeter.

Kemudian di Kecamatan Paseh tepatnya di Kampung Sanding, Desa Sindangsari, lanjut Uka, sebuah tembok penahan tebing (TPT) ambruk. Akibatnya, material longsor pun menimbun jalan yang berada di bawahnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Meski ada kendaraan yang sempat tertimbun material longsor, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana alam di Kecamatan Paseh itu. Lokasi longsoran tidak jauh dari lokasi pemancingan ikan,” ungkapnya.

Kabupaten Bandung Waspadai Bencana Alam Banjir dan Longsor

Baca Juga : Banjir Rendam Jalan Anwar Musaddad Garut, Arus Balik Arah Bandung Macet

Sedangkan bencana yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung, lanjut Uka, terjadi di Kecamatan Dayeuhkolot (banjir), Arjasari (banjir dan longsor), Cimenyan (banjir), dan Pameungpeuk (banjir).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“BPBD Kabupaten Bandung berkoordinasi dengan aparat kewilayahan yang terdampak bencana untuk melakukan pendataan warga terdampak bencana,” tuturnya.

Tersebarnya wilayah yang terdampak bencana alam di Kabupaten Bandung itu, lanjut Uka, unsur Forkopimda Kabupaten Bandung termasuk bupati, langsung meninjau lokasi bencana.

“Kami juga akan menggelar rapat koordinasi dengan para camat di Kabupaten Bandung, khususnya wilayah terdampak bencana untuk menentukan upaya mitigasi bencana alam ini,” tutur Uka. (R13/HR Online/Editor-Ecep)