Beranda Berita Nasional Libur Idul Fitri, Ada Diskon Harga Tiket Masuk ke 3 Destinasi Pantai...

Libur Idul Fitri, Ada Diskon Harga Tiket Masuk ke 3 Destinasi Pantai Pangandaran  

Libur-Idul-Fitri-Ada-Diskon-Harga-Tiket-Masuk-ke-3-Destinasi-Pantai-Pangandaran.jpeg

harapanrakyat.com,- Menjelang libur Idul Fitri 2023 M/1444 H, Pemda Pangandaran, Jabar, tawarkan tiket masuk terusan sebagai alternatif berkunjung ke 3 destinasi di Kabupaten Pangandaran (Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, dan Pantai Batu Karas) melalui jalan lintas pesisir sebagai akses penghubung antar destinasi wisata.

Bupati Kabupaten Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, saat ini jalan lintas pesisir yang menghubungkan antar destinasi mulai dari Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Batu Karas, dan Pantai Madasari, sudah bisa digunakan dengan kehadiran jembatan pelengkung Wiradinata Rangga Jipang dan beberapa jembatan penghubung lainnya.

Pihaknya menawarkan diskon harga tike bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke 3 destinasi wisata pantai.

“Pemkab mengeluarkan tiket terusan 3 destinasi wisata, jadi wisatawan yang masuk ke Pangandaran, bisa juga berkunjung ke Batu Hiu ataupun Batu Karas. Tiket terusan itu ada diskonnya. Untuk ke pantai Pangandaran diskonnya 20 persen, Batukaras 40 persen dan Batu Hiu 60 persen,” kata Jeje Wiradinata usai Rakor Persiapan menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M di aula Setda Parigi, Selasa(11/4/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Kata Jeje, diskonnya besar lebih murah dan hemat. Tapi kalau yang mau tiket biasa, juga sudah disiapkan tinggal bagaimana maunya wisatawan.

“Terutama yang tiket terusan itu sangat efektif dengan pola paket keuntungan lebih murah dan lokasi wisata yang bisa dikunjungi juga banyak,” pungkasnya.

Baca juga: Hadapi Lonjakan Wisatawan, Pemkab Pangandaran Siapkan Ratusan Personel Gabungan

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari mengatakan, tarif tiket masuk terusan ini sudah mulai berlaku di 3 Destinasi Wisata pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu dan Pantai Batu Karas melalui akses jalan lintas Pesisir yang bisa mempersingkat waktu tempuh.

“Dengan berlakunya karcis tiket masuk terusan ini, diharapkan kunjungan wisatawan tidak menumpuk di satu tempat, tetapi bisa disebar di beberapa destinasi wisata lainnya. Karena jarak tempuh yang singkat dengan adanya akses penghubung jalan lintas pesisir,” ujar Tonton Guntari Rabu (12/4/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Harga Tiket Terusan 3 Destinasi Wisata di Pangandaran

Tonton menjelaskan, dasar hukum pemberlakuan tiket masuk alternatif tiket terusan ini sebagai pilihan bagi wisatawan, mengacu pada Perbup dan keputusan Bupati Pangandaran tentang Penetapan Pengurangan Retribusi tempat rekreasi dan olahraga serta penggabungan pemungutan retribusi di 3 Destinasi Wisata dengan karcis atau tiket terusan tertanggal 28 Maret 2023.

“Tiket masuk terusan ini jelas lebih murah dengan harga tiket normal, karena ada diskon tarif tiap destinasi wisata,” ungkap Tonton Guntari.

Adapun harga tiket terusan 3 destinasi wisata di Pangandaran (Pantai Pangandaran, Batu Hiu dan Batu Karas) sebagai berikut:

1. Orang harga tiket normalnya Rp 29.000 menjadi hanya Rp. 20.000.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

2. Sepeda motor tiket normal Rp 55.000 menjadi  Rp. 40.000.

3. Jeep/Sedan tiket normal Rp 170.000 menjadi hanya Rp. 120.000.

4. Minibus kecil harga tiket normal Rp 265.000 menjadi Rp. 180.000.

5. Minibus Besar tiket normalnya Rp 380.000 menjadi Rp. 250.000.

6. Bus Kecil tiket normalnya Rp 580.000 menjadi Rp. 400.000.

7. Bus Sedang tiket normalnya Rp 835.000 menjadi Rp. 550.000.

8. Bus Besar tiket normalnya Rp 1.450.000 menjadi Rp. 980.000.

“Kita mencetak sebanyak 500 buku karcis tiket terusan di 3 destinasi wisata (500 buku @100 lembar/buku) dan di sebar di setiap destinasi. Apabila ada yang menggunakan paket karcis tiket terusan tersebut, mau yang tiket normal tiap destinasi wisata pun sudah kita siapkan tiketnya. Ini bentuknya pilihan saja silahkan tergantung kemauan wisatawan,” pungkas Tonton Guntari. (Madlani/R8/HR Online/Editor Jujang)