Beranda Teknologi Belanja Online Ramadhan 2023: Produk Terlaris di Tokopedia dan Inisiatif Hyperlocal

Belanja Online Ramadhan 2023: Produk Terlaris di Tokopedia dan Inisiatif Hyperlocal

Tokopedia-5_800x533.jpg

review1st.com – Ramadhan merupakan momen yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia setiap tahun. Di bulan puasa ini, selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, masyarakat juga cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran lewat kanal online.Salah satu pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan memilih produk terlaris di Tokopedia, salah satu platform belanja online terkemuka di Indonesia

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Data internal Tokopedia: Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan biasanya.* “Produk-produk ini dibutuhkan masyarakat,” jelas Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia.

Wajib Dicatat Pelaku Usaha, Ini Produk Terlaris di Tokopedia Selama Ramadhan

“Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria, dan busana muslim keluarga mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat, dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan.* Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” jelas Nuraini.

BACA JUGA:  Hasil Foto Keren dengan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6: Inspirasi Konten HUT RI

Tokopedia catat: parfum, cologne, produk perawatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi paling diminati di awal Ramadhan.

“Masyarakat siap mudik, beli spare part, perawatan mobil, dan interior mobil di Tokopedia,” kata Nuraini. Transaksi interior mobil naik 2x lipat, termasuk kasur, tempat tisu, dan bantal mobil.

Kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia: transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga, penyimpanan makanan, peralatan baking meningkat di dua minggu Ramadhan.

“Bulan puasa: sahur, berbuka, berbagi. Tokopedia: hampers, tepung, buah laris, transaksi 2x lipat,” kata Nuraini. Buah kurma: penjualan meningkat 3x lipat.

Jelang Lebaran, Penjualan Hampers lewat Dilayani Tokopedia Naik 3,5 Kali Lipat

“Tokopedia bantu pelaku usaha manfaatkan antusiasme belanja online Ramadan. Inisiatif Hyperlocal tanpa hambatan (zero barriers) untuk ciptakan peluang,” kata Nuraini.

BACA JUGA:  Komunikasi Tanpa Batasan Bahasa dengan Fitur AI On Device di Galaxy Z Flip6

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) adalah halaman kurasi produk dari penjual terdekat. Wilayah Bandung, Surabaya, dan Denpasar alami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia selama Ramadan 2023, kata Nuraini.**

“Inisiatif Hyperlocal lainnya: Tokopedia NYAM! bantu masyarakat dapatkan makanan-minuman dari penjual terdekat. Pembeli dan transaksi meningkat 2x lipat selama 2 minggu Ramadan 2023 dibanding kuartal I 2023,” ujar Nuraini.

Untuk bantu pelaku usaha jangkau pasar luas, Tokopedia hadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan di gudang-gudang pintar Tokopedia di wilayah permintaan tinggi. Aktivitas operasional penjual, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala, akan Dilayani Tokopedia.

Data Tokopedia: Penjual Hyperlocal di Ramadan tahun ini peningkatan penjualan hampir 2x lipat dibandingkan tahun lalu. Transaksi parsel makanan lewat Tokopedia meningkat hampir 3,5x lipat, kata Nuraini.**

BACA JUGA:  Perbandingan Vue.js dan React.js untuk Pengembangan Laravel: Pilihan Framework yang Tepat dan Prospek Karier

Berkat Hyperlocal, Berbagai Wilayah Alami Peningkatan Transaksi di Ramadhan

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia berdampak di Banyuasin (Sumsel), Kampar (Kep. Riau), dan Lombok Timur (NTB). Transaksi antarpulau meningkat 2x lipat selama awal Ramadan 2023, kata Nuraini.

Kuningan, Palangkaraya, dan Tabanan peningkatan transaksi same day dan instan di Tokopedia. Rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat.

Tokopedia #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023, Promo Ramadhan Diskon 90% dan Cashback Rp1.000.000

Tokopedia mengakomodasi belanja online Ramadhan. #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023; kampanye Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja.

Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, temukan produk Ramadhan diskon hingga 90%, live shopping mulai Rp2.000. Belanja min. Rp20.000 gratis ongkir dan promo hemat hingga Rp750.000. Cicilan 0% dengan GoPayLater Cicil.

Khusus 14 April 2023, Tokopedia hadirkan promo Ramadan Ekstra. Produk kebutuhan Ramadhan bebas ongkir, diskon hingga 90%, cashback Rp1 juta.