Beranda Berita Nasional Budidaya Anggur Di Lapas Kuningan

Budidaya Anggur Di Lapas Kuningan

Budidaya Anggur Di Lapas Kuningan

Budidaya Anggur Di Lapas Kuningan. Suarasubang.com.

Kuningan – Walaupun lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas IIA Kuningan belum diresmikan, namun tidak menyurutkan semangat Kepala Lapas Kelas IIA Kuningan Kurnia Panji Pamekas untuk selalu produktif. Salah satunya yaitu dengan melakukan budidaya anggur. Senin (10/4) di Lahan SAE Lapas Kelas IIA Kuningan

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Lahan SAE merupakan sarana pembinaan keterampilan bagi narapidana di luar tembok sebelum kembali ke masyarakat. SAE Lapas Kelas IIA Kuningan menyelenggarakan berbagai macam pembinaan dan pelatihan seperti peternakan (lele, ayam dan kambing), budidaya buah-buahan dan sayur-mayur serta kolam pemancingan yang saat ini masih dalam proses penyelesaian.

Salah satu program SAE Lapas Kuningan yang kini sedang dikembangkan yaitu budidaya anggur. Adapun jenis Anggur yang dibudidayakan di Lapas Kuningan diantaranya yaitu anggur Harold, anggur Moondrop, anggur Oscar, anggor gosy, anggur catalonia, anggur veles, anggur dixon, anggur Baikonur, anggur Ninel, anggur Jupiter dan Anggur Shmelev.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Kedepannya kita akan sering adakan pelatihan mengenai budidaya anggur dimulai dari okulasi, pembibitan hingga panen. Mudah-mudahan anggur yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan siap bersaing di pasaran”, ungkap Panji

Selain itu Panji juga berharap dengan adanya budidaya anggur di Lapas Kuningan ini dapat memberikan ilmu baru terhadap warga binaan sehingga kelak setelah selesai menjalani pidananya dapat diterapkan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kemenkumham Jabar
R. Andika Dwi Prasetya