Beranda Berita Nasional Ribuan Santri di Kota Banjar Bakal Mudik Lebaran

Ribuan Santri di Kota Banjar Bakal Mudik Lebaran

Ribuan-Santri-di-Kota-Banjar-Bakal-Mudik-Lebaran.jpg

harapanrakyat.com,- Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kota Banjar, Jawa Barat, bakal mudik lebaran pada Idul Fitri 1444 H nanti. Mereka mudik ke daerahnya masing-masing secara mandiri.

Ketua Forum Pondok Pesantren Kota Banjar, Badar Ismail, mengatakan, pihaknya memprediksi lebih kurang sekitar 5 ribu santri pondok pesantren di Banjar yang akan melakukan mudik lebaran.

Ribuan santri tersebut akan mudik lebih awal, karena aktivitas mengaji di sejumlah pondok pesantren biasanya akan berakhir pada tanggal 14 April mendatang. Hal tersebut seiring libur masa sekolah.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Dianggap Bikin Macet, Delman Garut Dilarang Beroperasi di Jalur Mudik

Meski begitu, untuk keberangkatan mudik santri pondok pesantren tersebut menurutnya tidak dilaksanakan bersamaan. Karena menyesuaikan dengan kalender pendidikan masing-masing pesantren.

“Untuk di Kota Banjar prediksi tak kurang 5 ribuan santri yang akan mudik lebaran ke kampung halamannya. Mereka mudik secara mandiri,” kata Badar Ismail kepada harapanrakyat.com, Minggu (9/4/23).

Lanjutnya menyebutkan, adapun daerah yang menjadi tujuan mudik para santri tersebut, hampir kebanyakan ke daerah Jawa. Meskipun ada juga sebagian santri yang mudik ke luar jawa.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Mudik Gratis Polres Ciamis, Catat Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Adapun santri pondok pesantren yang paling banyak di Kota Banjar, saat ini berada di pondok pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo.

“Untuk mudiknya dikoordinir oleh lembaga masing-masing pesantren. Hampir kebanyakan mereka mudik ke daerah jawa,” ujarnya.

Terpisah, Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Banjar, Wardoyo mengatakan, terkait persiapan menghadapi arus mudik lebaran, pihaknya belum lama ini telah mengikuti rapat koordinasi secara virtual bersama Polri.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski begitu, untuk teknis pelaksanaan menghadapi arus mudik lebaran masih menunggu surat edaran dari Kementerian Perhubungan. Seperti terkait dengan pembentukan pos pengamanan mudik, peraturan lalu lintas tentang pembatasan angkutan logistik.

“Rencananya nanti posko utama berada di Alun-alun Banjar. Untuk pos pengamanan bersama berada di Cijolang,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)