Beranda Berita Nasional Mudik Gratis Polres Ciamis, Catat Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Mudik Gratis Polres Ciamis, Catat Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Mudik-Gratis-Polres-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Polres Ciamis, Polda Jawa Barat menyediakan 3 unit bus untuk program Mudik Gratis tahun 2023, dengan rute Ciamis – Purwokerto Jawa Tengah. 

Rute mudik tersebut dipilih berdasarkan dari pertimbangan dan animo pemudik. Pasalnya, seperti diketahui Kabupaten Ciamis sendiri itu bukan untuk tujuan keberangkatan melainkan untuk pulang kampung.

Namun demikian, di Kabupaten Ciamis sendiri ada masyarakat perantau dari Jawa Tengah seperti dari Purwokerto, Banyumas dan daerah lainnya. Para perantau tersebut biasanya berjualan baso, jamu dan lainnya di Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Perubahan Cuti Bersama Lebaran 2023, Ternyata Ini Alasannya

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Maka dari itu, dari hasil pertimbangan tersebut Polres Ciamis mengadakan program Mudik Gratis tahun 2023 ini.

Kapolres Ciamis, AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan, intinya tujuan kegiatan mudik gratis ini untuk membantu masyarakat Kabupaten Ciamis yang akan melaksanakan mudik ke kampung halaman.

“Kemudian program ini juga untuk sedikit meringankan konsentrasi para pemudik pada kondisi puncak mudik nanti,” katanya, Jumat (7/4/2023).

Selain itu, sambung dia, dengan adanya program mudik gratis dari Polres Ciamis ini juga bertujuan untuk menekan volume kendaraan pada puncak mudik lebaran mendatang.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Iya ini juga untuk menekan volume kendaraan saat puncak mudik lebaran nanti,” ucapnya.

Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Polres Ciamis, Pendaftaran Dibuka 5-19 April 2023

Kapolres menjelaskan, untuk persyaratan dan cara daftarnya sendiri itu sangat mudah dan tidak ribet, hanya melampirkan fotocopy KTP dan fotocopy KK saja. Untuk pendaftaran sendiri dari mulai tanggal 5-19 April 2023.

“Ayo mudik gratis segera daftar, dengan datang saja ke Mapolres Ciamis atau ada contact person di brosur pengumuman, persyaratannya juga mudah tinggal bawa foto copy KTP dan juga KK,” jelasnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kapolres menuturkan, pada program mudik gratis ini, untuk sementara Polres Ciamis menyiapkan 3 unit bus bagi para pemudik nanti. Sedangkan untuk rutenya sendiri itu Ciamis – Purwokerto.

“Sementara kami agendakan 3 unit bus, kurang lebih penumpangnya sekitar 150 orang, rutenya Ciamis – Purwokerto. Kenapa memilih rute tersebut, karena rute itu dipilih mempertimbangkan animo masyarakat,” tuturnya.

Kapolres menambahkan, untuk jadwal pemberangkatan sendiri itu akan diupayakan sebelum puncak arus mudik lebaran tahun 2023 nanti.

“Jadwal pemberangkatan nanti kita akan upayakan sebelum puncak arus mudik lebaran,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)