Beranda Teknologi Hasil Riset dan Survei Ramadan 2023 oleh Telkomsel Enterprise Melalui tSurvey.id

Hasil Riset dan Survei Ramadan 2023 oleh Telkomsel Enterprise Melalui tSurvey.id

tSurvey-Ramadan-2023_1_800x533.jpg

review1st.com – Telkomsel Enterprise merilis hasil riset dan survei terbaru terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023. Riset ini melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel di 27 provinsi Indonesia.

Hasil survei tersebut memberikan wawasan berharga, terutama terkait pola mudik lebaran masyarakat. Dari survei tersebut, ditemukan bahwa 72 persen responden lebih memilih mudik untuk libur lebaran.

Mayoritas responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hasil survei menunjukkan 28 persen responden memilih berlibur ke kota lain. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, 81 persen membeli tiket 1 minggu hingga 1 bulan sebelum lebaran.

Responden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, 64 persen menyiapkan anggaran servis hingga Rp 1 juta. 60 persen responden memilih bengkel resmi terpercaya untuk servis kendaraan mereka.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang, menyatakan bahwa hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id dapat menjadi panduan bagi pelaku bisnis untuk menjangkau pasar lebih luas melalui program marketing Ramadan.

BACA JUGA:  Vapor Chamber di Galaxy Z Flip6: Pengalaman Ngonten Lebih Lancar dan Nyaman

Hal ini akan memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2023.

Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan layanan terdepan dan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya.

Tujuannya adalah membuka peluang kemajuan bagi pelaku bisnis dan masyarakat dengan memaksimalkan potensi melalui teknologi digital.

Hasil Riset

Hasil riset menunjukkan bahwa 40% responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat untuk menikmati waktu menunggu berbuka di rumah.

Sebanyak 45% responden memilih persiapan memasak untuk berbuka dan 36% lebih memilih menonton tayangan streaming saat menunggu waktu berbuka.

Sekitar 60% responden juga lebih suka memasak makanan mereka sendiri untuk sahur dan berbuka.

Namun, terdapat insight lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka, di mana frozen food menjadi alternatif favorit untuk sahur dengan persentase 23%, sedangkan food delivery menjadi alternatif favorit untuk makanan berbuka dengan persentase 30%.

BACA JUGA:  Komunikasi Tanpa Batasan Bahasa dengan Fitur AI On Device di Galaxy Z Flip6

Alfian mengungkapkan bahwa aktivitas masyarakat di luar rumah mulai meningkat setelah pemerintah melonggarkan pembatasan pasca pandemi COVID-19.

Berbuka puasa bersama di restoran menjadi pilihan favorit, diikuti dengan di rumah kerabat.

Sebanyak 45 persen responden memilih restoran dan kafe untuk berbuka puasa bersama, dengan anggaran berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Pengeluaran selama Ramadan

Terkait pengeluaran Ramadan, hampir 20 persen responden siapkan anggaran tambahan > Rp 2,5 juta untuk berbelanja.

Kategori makanan/minuman jadi yang paling tinggi anggarannya, diikuti fashion (pakaian/sepatu). Responden impulsif beli fashion (74%), makanan/minuman (48%), dan barang elektronik (24%).

Berbagi hampers (parsel/bingkisan) jadi tren menjelang Idul Fitri. 52% responden siapkan anggaran Rp 50-100 ribu/bungkus untuk hampers.

Hasil survei menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan lebaran bagi masyarakat Indonesia.

Mereka berusaha berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman. Insight Ramadan dan mudik lebaran ini memberikan informasi terbaru tentang perilaku dan preferensi pasar yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis.

BACA JUGA:  3 Tips Produktif Menggunakan Galaxy Z Fold6 ala Content Creator Apiipp

Informasi lebih lanjut mengenai detail hasil survei Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 dari Telkomsel Enterprise dapat diakses melalui Solusi tSurvey.id pada tautan tsel.id/ramadaninsight.

“Solusi tSurvey.id dari Telkomsel Enterprise hadir untuk mengoptimalkan program marketing pelaku bisnis. tSurvey.id membantu riset dalam lingkup akademik, komersial, sosial, dan keperluan riset lainnya untuk mendapatkan wawasan berharga dari market dan pelanggan.

“Melalui beragam solusi Telkomsel Enterprise, diharapkan membantu pelaku bisnis meningkatkan performansi dan memperkuat posisi di pasar selama Ramadan dan Idul Fitri dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden,” pungkas Alfian.

Informasi lengkap mengenai kapabilitas Telkomsel Enterprise sebagai penyedia solusi digital berbasis teknologi terbesar di Indonesia yang dapat mentransformasi dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis dapat diakses pada laman www.telkomsel.com/enterprise.