Beranda Berita Nasional Jadi Desa Wisata Terbaik, Ini Kata Sandiaga Uno tentang Desa Selamanik Ciamis

Jadi Desa Wisata Terbaik, Ini Kata Sandiaga Uno tentang Desa Selamanik Ciamis

Jadi-Desa-Wisata-Terbaik-Ini-Kata-Sandiaga-Uno-tentang-Desa-Selamanik-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (6/5/2023).

Desa Selamanik terpilih menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik di Indonesia, dari 75 Desa dalam ADWI atau Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Ciamis dan Kepala OPD Ciamis serta unsur Forkopimda Ciamis.

Pada kesempatan tersebut juga, Sandiaga Uno menyempatkan diri untuk bercocok tanam dan memanen bawang. Kemudian langsung menjajal Sungai Cimuntur dengan arung jeram.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak Pelaku Usaha dan Pembudidaya di Ciamis Bangkit Lagi

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sandiaga mengatakan, pihaknya menargetkan Desa Wisata pada tahun 2024 untuk menopang dan menciptakan lapangan pekerjaan. Target tersebut sebanyak 4,4 juta dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Nah, di Desa Selamanik Kabupaten Ciamis ini kelihatanya memiliki peluang. Seperti beberapa usaha yang berkaitan dengan ketahanan pangan. Karena di sini bisa menjadi terciptanya harga-harga pangan yang lebih terjangkau,” katanya.

Dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk Desa Selamanik Ciamis

Lanjutnya menambahkan, bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mendorong Desa Selamanik untuk dunia usaha. Yaitu, berkaitan dengan kelengkapan homestay untuk meningkatkan kunjungan wisata.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Kita akan dukung 70 homestay yang ada di sini, melalui PT OYO yang nantinya bisa bermitra dengan Desa Selamanik. Nantinya akan diisi perlengkapannya, untuk meningkatkan kunjungan wisata,” tuturnya.

Sementara terkait belum adanya hotel berbintang di Kabupaten Ciamis, Sandiaga berjanji akan mendukung hal tersebut.

Bahkan, pihaknya akan menerjunkan tim dan akan mendukung akomodasi terkait hotel berbintang.

Baca Juga: Sandiaga Uno Datangi Desa Wisata Terbaik di Kuningan Jabar

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno atas kedatanganya ke Tatar Galuh Ciamis, dan mendukung sektor pariwisata Ciamis.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Menurutnya, Desa Selamanik Ciamis menjadi salah satu dari 75 Desa wisata terbaik, merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi semua pihak.

“Desa Selamanik sendiri merupakan salah satu desa dari 258 desa di Kabupaten Ciamis. Desa ini dianugerahi keindahan alam yang luar biasa,” katanya.

Herdiat menambahkan, ada sebanyak 46 desa di Kabupaten Ciamis yang sudah dibuatkan SK untuk menjadi Desa Wisata.

“Mudah-mudahan saja dapat diikuti oleh Desa lainnya di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)