Beranda Berita Nasional Pesan Gubernur Jabar Untuk Satgas Linmas Saat Mudik Lebaran

Pesan Gubernur Jabar Untuk Satgas Linmas Saat Mudik Lebaran

Satgas-Linmas.jpeg

harapanrakyat.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau satuan tugas perlindungan masyarakat (Satgas Linmas) mengantisipasi kerawanan pencurian rumah kosong. Persiapan tersebut seiring dengan tradisi mudik Idulfitri.

Ridwan Kamil mengatakan, pada saat pemudik pulang kampung itu, berpotensi terjadi kerawanan pencurian. Situasi itulah, Satgas Linmas berperan menjaga keamanan di pemukiman warga mencegah modus pencurian.

“Saya titip bagi yang mudik di daerahnya dan Satgas Linmas yang bertugas kawal jangan sampai ada pencurian di rumah-rumah pemudik yang ditinggalkan mudik,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Kota Bandung Lakukan Ramp Check Kendaraan Angkutan Mudik Lebaran

Arahan tersebut gubernur sampaikan di hadapan 500 anggota satgas saat menghadiri Apel Satgas Linmas Provinsi Jawa Barat.

Gubernur meminta para anggota satgas untuk menjaga ketertiban, keamanan serta kenyamanan warganya sebelum sampai pasca Lebaran nanti.

“Pada saat yang lain sedang Lebaran, Anda semua tetap bertugas. Saya titip untuk jaga keamanan, dan ketertiban di wilayahnya,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Guna meminimalisasi modus pencurian rumah kosong, lanjut Ridwan Kamil, para petugas Satgas Linmas harus mengingatkan warga agar mengunci serta menjamin keamanan rumahnya.

Secara total yang terdaftar, Jawa Barat mempunyai 116.931 petugas Satgas Linmas yang tersebar di 27 kabupaten/kota. Para petugas ini terdiri dari petugas Satpol PP, Hansip, Dishub, TNI dan Polri.

Para petugas ini, lanjut Ridwan Kamil, sangat berkontribusi pada peningkatan skor indeks ketentraman dan Ketertiban di Jawa Barat.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Sebanyak 445 Lokasi di Kota Bandung Termasuk Kawasan Tanpa Rokok

Ia mengklaim, skor indeks ketentraman dan Ketertiban Jabar sendiri melebihi target dari 74 menjadi 87,5. Artinya, ada peningkatan dalam hal kondusivitas Jabar.

“Target indeks ketentraman dan ketertiban Jabar skornya 74 tapi berkat kerja luar biasa Satgas Linmas ternyata melebihi target menjadi 87,5. Saya ingin ucapkan terima kasih secara langsung pada apel ini,” ungkap Ridwan Kamil. (Atep Kurniawan/R13/HR Online/Editor-Ecep)