Beranda Berita Nasional Kota Bandung Lakukan Ramp Check Kendaraan Angkutan Mudik Lebaran

Kota Bandung Lakukan Ramp Check Kendaraan Angkutan Mudik Lebaran

Aturan-Mudik-Lebaran.jpg

harapanrakyat.com – Dinas Perhubungan Kota Bandung, Jawa Barat, melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramp check terhadap kendaraan di setiap Perusahaan Otobus (PO). Pelaksanaan ramp check pada 24-31 Maret 2023.

Kadishub Kota Bandung, Dadang Darmawan mengatakan, upaya ramp check tersebut dalam rangka memastikan seluruh angkutan mudik lebaran laik jalan. Sehingga, kata Dadang, dapat memberikan rasa aman dan keselamatan kepada para pemudik.

“Untuk persiapannya sudah kami mulai sejak pekan lalu. Kemudian H-7 nanti, kita lakukan ramp check Terminal Cicaheum dan Leuwi Panjang,” ungkapnya di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Hanya 3 Bus di Kota Bekasi Lolos Uji Angkutan Mudik Lebaran

Menurutnya, dalam ramp check kendaraan itu berkaitan dengan sistem pengereman, penerangan, kemudi, kualitas ban, kaca tidak pecah, dan alat tanggap darurat.

Kemudian dalam ramp check kendaraan itu juga pihaknya memeriksa kelengkapan administratif yaitu masa berlaku buku uji, STNK, nomor rangka dan kesesuain DWP. Selain itu, lanjut Dadang, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan para pengemudi.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Selama ramp check kendaraan ini, nanti ada tes urine. Kita kerja sama dengan Dinkes Kota Bandung. Selain kendaraannya, pengemudinya juga harus siap. Sehingga kendaraannya laik jalan dan pengemudi siap fisik dan mental,” ungkapnya.

Setelah Ramp Check Kendaraan, Dishub Kota Bandung Siapkan Pos Mudik

Dadang menjelaskan, pihaknya juga akan mendirikan pos keamanan pada H-7 Idulfitri. Pos tersebut tersebar di beberapa lokasi yang berpotensi kepadatan kendaraan.

“Di antaranya di Cicaheum, Ujungberung, Bundaran Cibiru, Simpang Samsat, Simpang Buah Batu, Dago, Ledeng, dan Tegalega,” tuturnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Bahkan, lanjut Dadang, selama Hari Raya Idulfitri pihaknya juga akan menerjunkan sekitar 600 personel.

Baca Juga : Pemkot Bandung Siapkan 623 Personil Pantau Arus Mudik Lebaran 2023

“Maka mulai H-7, kami berkoordinasi bersama Pemprov Jabar dan kepolisian untuk membuat pos keamanan. Pos tersebut hasil pemetaan titik yang berpotensi terjadi lonjakan kemacetan,” ungkap Dadang.

Tapi sebelumnya kami akan melakukan ramp check kendaraan terlebih dahulu ke setiap PO angkutan mudik lebaran di Kota Bandung,” ucapnya menambahkan. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)