Beranda Berita Nasional 12 Ribu Anak di Kota Banjar Jadi Sasaran Vaksin Polio, Bahaya Penyakitnya...

12 Ribu Anak di Kota Banjar Jadi Sasaran Vaksin Polio, Bahaya Penyakitnya Bikin Cacat Seumur Hidup

Vaksinasi-Polio.jpg

harapanrakyat.com,- Sekitar 12 ribu anak di Kota Banjar, Jawa Barat, mulai mengikuti vaksin Polio melalui program PIN (Pekan Imunisasi Nasional) untuk mengurangi penyakit polio.

Sebanyak 12 ribu lebih anak dengan usia 0-59 yang menjadi target sasaran vaksinasi tersebut diharapkan terhindar dari bahaya penyakit Polio.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar Andi Bastian mengatakan, pelaksanaan vaksin polio mulai tanggal 3-8 April 2023 untuk pemberian dosis pertama. Kemudian, tanggal 15-20 Mei 2023 untuk pemberian dosis kedua.

Pelaksanaan vaksin polio dipusatkan di setiap Posyandu yang ada di wilayah Kota Banjar. Jumlahnya sebanyak 200 Posyandu yang telah pihaknya sediakan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Adapun jumlah anak dengan usia 0-59 bulan yang menjadi sasaran untuk mengikuti program imunisasi vaksin Polio yaitu sebanyak 12.960 orang.

“Untuk di Banjar target kita itu 12.960 sasaran. Pelaksanaan sudah mulai berlangsung hari ini,” kata Andi Bastian kepada harapanrakyat.com, Senin (03/04/2023).

Baca Juga: Dinkes Sebut 25 Desa & Kelurahan di Banjar Sudah Berstatus ODF, Apa Itu?

Pentingnya Vaksin Polio untuk Anak Usia 0-59 Bulan

Lanjutnya menjelaskan, sejak tahun 2014 Jawa Barat sudah menyatakan diri terbebas dari Polio, termasuk Kota Banjar.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Namun, baru-baru ini ditemukan 7 kasus polio di Kabupaten Purwakarta dan dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk Jawa Barat.

Atas dasar temuan tersebut, kata Andi Bastian, Kemenkes dan WHO mengambil tindakan dengan melakukan sub PIN polio selama dua putaran di seluruh wilayah Jawa Barat.

“Untuk di Banjar nggak ada temuan kasus. Cuma karena Jabar ini masuk KLB, maka seluruh wilayah di Jawa Barat wajib melakukan imunisasi atau vaksinasi polio,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, polio sendiri merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya. Dapat menyebabkan kelumpuhan, kecacatan seumur hidup, bahkan kematian.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada masyarakat Kota Banjar yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk segera daftarkan di POS PIN. Atau masing-masing Posyandu terdekat agar mengikuti program untuk mendapatkan vaksin polio.

“Imunisasi bagi anak sangat penting untuk mengurangi resiko dari penyakit polio. Masyarakat yang memiliki anak usia 0-59 bulan bisa mendatangi langsung Posyandu terdekat untuk mendapatkan vaksinasi polio atau tetes polio,” pungkasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor: Eva)