Beranda Berita Nasional Pemkot Bandung Siapkan 623 Personil Pantau Arus Mudik Lebaran 2023

Pemkot Bandung Siapkan 623 Personil Pantau Arus Mudik Lebaran 2023

ilustrasi-mudik.jpg

harapanrakyat.com – Menghadapi arus mudik Lebaran 2023, Pemerintah Kota Bandung menerjunkan 632 personel pemantauan arus mudik.

Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung, Dede Agus Sumantri mengatakan, penempatan ratusan personil tersebut tersebar di sejumlah titik posko pemantauan arus mudik.

“Untuk posko (pemantauan arus mudik lebaran), nanti ada di Terminal Leuwipanjang, Cicaheum, ATCS Kota Bandung, dan Pospam pengatur lalu lintas. Waktu pelaksanaannya yakni H-7 sampai dengan H+7 lebaran,” ungkap Dede di Kota Bandung, Senin (3/4/2023).

Baca Juga : Libur Lebaran 2023, PHRI Jabar Targetkan Okupansi Hotel 60 Persen

Menurut Dede, dalam menghadapi arus mudik, fokus utama pihaknya adalah kesiapan moda transportasi dalam memfasilitasi pemudik. Sehingga dapat beraktivitas mudik dengan rasa aman dan nyaman.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Ia mengatakan, terdapat empat sasaran dalam menopang suksesnya arus mudik pada tahun ini. Di antaranya terkait monitoring operasi angkutan lebaran, terselenggaranya angkutan transportasi yang aman, terciptanya mobilitas yang lancar kondusif dan terkendali selama arus mudik.

“Serta tersedianya fasilitas pendukung perlengkapan jalan,” ujarnya.

Dede menerangkan, pihaknya akan mempersiapkan 34.350 kursi penumpang dalam menopang para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman. Hal ini terbagi ke dalam dua terminal, yaitu Leuwi Panjang dan Cicaheum.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Lebih rinci, untuk Terminal Leuwipanjang per harinya akan tersedia 26.100 kursi, yang terbagi ke dalam 373 Bus AKDP, 280 Bus AKAP, 522 operasional bus, dan 27 perusahaan otobus.

Sedangkan untuk di Terminal Cicaheum, tersedia 8.250 kursi, yang terbagi ke dalam 13 Bus AKDP, 23 Bus AKAP, 165 operasional bus, dan 29 otobus.

Pengawasan dan Pemantauan Arus Mudik Lebaran

Selain itu, lanjut Dede, nantinya terdapat pengawasan di sejumlah titik arus mudik yang berpotensi terjadinya penumpukan kendaraan.

“Pengawasan terkait hal-hal yang menimbulkan kemacetan akan menjadi fokus perhatian dari Dishub Kota Bandung pada arus mudik lebaran kali ini,” katanya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Tahun Depan Jalan Tol Bocimi Tersambung ke Bandung

Ia memperkirakan, pada arus mudik tahun ini akan terjadi penumpukan pemudik. Hal itu lantaran tidak adanya pemberlakukan pembatasan pengangkutan para pemudik pada tahun ini.

Ploting personil itu, untuk membantu mengatur dan mengurai kepadatan lalu lintas ketika arus mudik lebaran. Lalu penyediaan parkir juga bakal kita siapkan, dengan fokusnya di tempat perbelanjaan, wisata, dan tempat ibadah,” ucapnya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)