Beranda Berita Nasional Ribuan Warga Mangkubumi Tasikmalaya Antri Berdesakan untuk Cairkan Bantuan

Ribuan Warga Mangkubumi Tasikmalaya Antri Berdesakan untuk Cairkan Bantuan

Ribuan-Warga-Mangkubumi-Tasikmalaya-Antri-Berdesakan-untuk-Cairkan-Bantuan.jpg

harapanrakyat.com,- Ribuan warga Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya rela antri berdesakan selama berjam-jam untuk mencairkan bantuan sosial dari Pemerintah Pusat di Gor Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jumat (31/3/2023).

Ribuan warga tersebut merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari bantuan langsung tunai dan program keluarga harapan (PKH) senilai Rp 600 ribu.

Saking banyaknya warga yang mengantri, dari pintu masuk Gor antrian memanjang hingga nyaris ke Jalan AH Nasution. Warga berdempetan hingga saling dorong agar bisa masuk paling depan.

“Saya dari pagi jam 7 hingga siang ini belum kebagian karena ngantri, soalnya satu Kecamatan Mangkubumi jadi satu di Gor ini,” kata Yayat Ruhiyat Salah seorang KPM sambil mengantri.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Penyaluran Bansos Tak Lewat E-Warung, Jumlah KPM di Kota Banjar Berkurang

Yayat menerangkan, total uang yang Ia terima selama tiga bulan jadi Rp 600 ribu. Biasanya penyaluran bantuan di masing – masing kelurahan.

Ia berharap kedepannya penyaluran bantuan dilaksanakan di tiap RW supaya tidak terjadi antrian panjang hingga berdesakan.

“Belum ada panggilan, masuk ke gor juga ngantri banget berdesakan, saya lagi puasa sekalian aja mencairkan bantuan sambil ngabuburit,” terangnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski Ribuan Warga Antri, Pencairan Bantuan Lancar

Satgas Bansos PT Pos Tasikmalaya, Ihsan Firdaus menjelaskan, total KPM se-Kota Tasikmalaya berjumlah 10 ribu, masing-masing kecamatan ada sekitar seribu.

“Sistem pembagiannya langsung bayar ke KPM, nominalnya Rp 600 ribu. Januari, Februari, Maret jadi satu, karena perbulannya dari Pemerintah itu 200 ribu,” jelasnya.

Baca Juga : Ibu Rumah Tangga Jadi Korban Perampokan di Tasikmalaya

Ihsan melanjutkan, biasanya kuota KPM mencapai 100 ribu, sehingga pencairan bantuan berlangsung di masing – masing kelurahan. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Tapi, karena ini sisa dari penyaluran yang sebelumnya tidak tersalurkan oleh Himbara jadi kuotanya hanya mencapai 10 ribu, sehingga disalurkan satu titik di masing – masing Kecamatan,” lanjutnya.

Penyaluran bantuan ini secara serentak selama 2 hari dan tersisa satu titik di Kecamatan Mangkubumi. Menurut Ihsan, meski ribuan warga antri dan terjadi penumpukan namun pencairan bantuan ini terbilang lancar. “Alhamdulillah relatif lancar dan tersalurkan kepada KPM. ” Pungkasnya. (Apip/R12/HR-Online/Editor-Rizki)