Beranda Berita Nasional Warga Bangbayang Ciamis Minta Pemerintah Perbaiki Tebing yang Longsor

Warga Bangbayang Ciamis Minta Pemerintah Perbaiki Tebing yang Longsor

Tebing-yang-longsor.jpg

harapanrakyat.com,- Tanah Penahan Tebing (TPT) yang mengalami longsor di Dusun Bangbayang Kidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis belum mendapatkan perbaikan. Padahal, longsor tersebut sudah cukup lama.

Emong, salah satu warga, mengatakan, pihaknya menginginkan agar pemerintah memperbaiki tebing tersebut dan mengevakuasi material longsor.

Baca juga: Tak Kuasai Medan Jalan, Pengendara Motor di Ciamis Nyungsep ke Selokan

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Pasalnya, selain membahayakan, juga material tanah yang menutupi saluran air sangat mengganggu. Sebab, saat hujan turun air dari drainase itu membanjiri jalan, bahkan pemukiman warga.

“Ambruknya ini sudah berulang kali. Kalau yang ini pada Kamis (30/3/23) malam kemarin. Namun entah kenapa material yang menutupi drainase tidak dibersihkan,” katanya, Jumat (31/3/23).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Emong menambahkan, meski sepintas kejadian tersebut tidak akan berdampak pada lingkungan sekitar, namun ia khawatir jika hujan besar terjadi malah masuk ke pemukiman warga.

Karena itu, sebelum hal-hal yang tidak ia harapkan terjadi, seharusnya Pemkab Ciamis melalui instansi terkait agar segera memperbaikinya.

“Kalau kemarau tidak begitu masalah, tapi kan sekarang hujan masih terjadi, itu yang kita khawatirkan,” pungkasnya. (Eji/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)