Beranda Berita Nasional Bengkel dan Rumah di Pangandaran Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Bengkel dan Rumah di Pangandaran Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Kebakaran-Bengkel-dan-rumah.jpg

harapanrakyat.com,- Sebuah bangunan bengkel dan rumah di Pangandaran, Jawa Barat, hangus terbakar. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi di Dusun Binangun, RT 15, RW 04, Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kamis (30/03/2023), pukul 07.30 WIB.

Plt Kasi Pencegahan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Pangandaran Arif Wijaya mengatakan, saat sedang piket sekitar pukul 07.27 WIB, ia menerima laporan kebakaran dari warga.

“Ada laporan dari warga telah terjadi kebakaran menimpa bengkel yang bersebelahan dengan rumah. Laporannya tadi pagi sekitar pukul 07.27 WIB,” kata Arif Wijaya, Kamis (30/03/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Lanjutnya mengatakan, kronologis awal mulanya terjadi kebakaran bengkel dan rumah sekitar jam 06.30 WIB. Dugaan sementara penyebabnya dari korsleting listrik.

Kobaran api yang membakar bangunan bengkel dan rumah baru bisa padam setelah pihaknya mengerahkan 2 unit mobil damkar dan 1 unit dari Bandara Nusawiru.

Dalam proses pemadaman, petugas Damkar dibantu aparat TNI, Polri, BPBD, Dishub, Tagana, PLN, PSC119 Pangandaran, dan masyarakat.

“Selesai pemadaman sekitar pukul 09:15 WIB. Pada saat kejadian pemilik bengkel dan rumah tersebut sedang berada di rumah yang satunya lagi,” terang Arif Wijaya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Si Jago Merah Mengamuk di Bekasi, Satu Rumah Ludes Terbakar

Nilai Aset Bengkel dan Rumah di Pangandaran yang Terbakar

Setelah pihaknya melakukan penanganan dan assessment, diketahui pemilik bengkel dan rumah yang terbakar itu adalah Ejen, warga Dusun Haurseah, RT/RW 003/002, Desa Cijulang, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Ia menjelaskan, dugaan sementara penyebab kebakaran bangunan bengkel dan rumah di Pangandaran itu dari korsleting listrik. Adapun luas area kebakaran berukuran 10 m x 15 m.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, hanya kerugian materi saja. Perkiraan nilai aset secara keseluruhan mencapai sekitar 1 miliar rupiah,” ungkap Arif.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Aldi warga setempat menuturkan, bengkel dan rumah milik Ejen yang terbakar masih terbilang baru. Rumahnya pun belum diisi karena Ejen masih menempati rumah yang satunya.

“Saat terjadinya kebakaran, pemilik bengkel dan rumah tersebut sedang di rumahnya yang pertama. Dalam peristiwa itu, dua sepeda motor milik pelanggan habis terbakar. Beruntung, warga setempat masih bisa menyelamatkan 1 unit mobil,” pungkas Aldi. (Madlani/R3/HR-Online/Editor-Eva)