Beranda Berita Nasional Selama Ramadan, Masjid Agung Ciamis Sediakan Takjil Gratis Tiap Hari

Selama Ramadan, Masjid Agung Ciamis Sediakan Takjil Gratis Tiap Hari

Selama-Ramadan-Masjid-Agung-Ciamis-Sediakan-Takjil-Gratis-Tiap-Hari.jpg

harapanrakyat.com,- Pada bulan suci Ramadan 1444 H, Masjid Agung Ciamis, Jawa Barat, menyediakan sekitar 100 takjil gratis untuk berbuka puasa yang diperuntukan untuk masyarakat umum setiap harinya.

Kegiatan itu sudah dilaksanakan dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain takjil gratis, selama bulan Ramadhan ini ada berbagai kegiatan yang dilakukan di Masjid Agung Ciamis, seperti Bazar, Pesantren Kilat, Tadarusan dan lain-lain.

Sekretaris Umum DKM Masjid Agung Ciamis, Kurnia Soemantri mengatakan, dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan 1444 H ini, di Masjid Agung Ciamis menyediakan takjil untuk buka puasa.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Kurang lebih ada sebanyak 100 takjil yang setiap harinya kami sediakan untuk masyarakat umum yang berbuka di Masjid Agung Ciamis,” katanya, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Hadiri Pengajian di Masjid Agung Ciamis, Bupati Minta Masyarakat Jaga Kerukunan

Menurutnya, untuk takjil gratis sendiri merupakan bagian rutinitas yang dilakukan oleh Masjid Agung Ciamis di setiap tahunnya pada bulan suci Ramadhan.

“Sumbernya dari para donatur, maka dari itu kami membuka kepada masyarakat atau para pengusaha dan lainnya yang ingin menjadi donatur dalam bentuk apapun dalam penyediaan takjil gratis ini,” tuturnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Tiap Ramadan, Masjid Agung Penuh

Kurnia menuturkan, Masjid Agung Ciamis ini berdekatan dengan Alun-alun Ciamis, jadi setiap hari itu selalu ada aja masyarakat yang mungkin sengaja ngabuburit di Alun-alun Ciamis lalu pas waktunya buka atau Magrib di Masjid Agung Ciamis.

“Ada aja masyarakat yang kalau waktunya buka puasa datang ke Masjid Agung Ciamis, untuk berbuka terlebih dahulu dan juga salat Magrib,” tuturnya.

Kurnia menjelaskan, selain menyediakan takjil, selama bulan suci Ramadan di Masjid Agung Ciamis juga ada kegiatan Tadarusan, salat tarawih dan juga bazar serta pesantren kilat dari berbagai jenjang.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Kita ada bazar di halaman Masjid setiap harinya dimulai sore hari untuk meramaikan bulan Ramadhan ini, kemudian ada juga kegiatan salat tarawih, tadarusan dan juga pesantren kilat,” jelasnya.

Kurnia menambahkan, untuk pesantren kilat ini dari berbagai jenjang sekolah. Untuk pelaksanaanya baik setelah salat Dzuhur maupun sebelumnya juga ada.

“Berbagai kegiatan tersebut, sebagai upaya menyemarakan bulan suci Ramadan 1444 H tahun 2023 ini,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)