Beranda Berita Nasional Mau Puasa, Harga Cabai Rawit Domba di Pasar Manis Ciamis Beuki Seuhah

Mau Puasa, Harga Cabai Rawit Domba di Pasar Manis Ciamis Beuki Seuhah

Harga-Cabe-Rawit-Domba-di-Pasar-Manis-Ciamis-Beuki-Seuhah.jpg

harapanrakyat.com,- Memasuki H-1 bulan suci ramadhan, sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Manis Ciamis melonjak naik. Bahkan untuk harga cabai rawit domba mencapai Rp 100 ribu per kilogramnya. 

Salah satu pedagang di Blok A Pasar Manis Ciamis, Dodi mengatakan, ada beberapa komoditas yang saat ini harganya naik. Seperti cabai rawit, bawang merah dan putih, tomat bahkan terong coel atau untuk lalapan.

“Biasa kalau menjelang bulan puasa harga kebutuhan pokok selalu naik. Saat ini juga yang harganya naik itu ada beberapa,” katanya kepada harapanrakyat.com, Rabu (22/3/2023).

Ia menuturkan, untuk harga cabai rawit domba saat ini Rp 100 ribu per kilogramnya, dari sebelumnya Rp 70 ribu. Menurutnya, kenaikan harga tersebut sudah dari beberapa hari kebelakang ini.

Baca Juga: Harga Daging Ayam di Pasar Manis Ciamis Naik, Capai Rp 40 Ribu

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kemudian ada bawang merah dengan harga Rp 42 ribu, dari sebelumnya Rp 35 ribu per kilogramnya. Bawang putih Rp 32 ribu dari sebelumnya Rp 28 ribu per kilogramnya.

“Tomat juga ikut naik saat ini harganya Rp 12 ribu, yang tadinya Rp 8 ribu per kilogramnya. Kemudian ada terong dengan harga Rp 16 ribu tadinya Rp 12 ribu per kilogramnya,” tuturnya.

Selain Harga Cabai Rawit Domba, Bahan Pokok Apa Lagi yang Naik di Pasar Manis Ciamis?

Dodi menjelaskan, kenaikan harga kebutuhan pokok ini sering terjadi ketika menjelang bulan puasa dan lebaran atau hari besar lainnya. 

“Biasanya seminggu lagi puasa itu suka naik. Lalu nanti seminggu sedang puasa harga turun lagi. Nah nanti pas seminggu lagi lebaran itu harga kembali naik, karena itu kebutuhan masyarakat jadi banyak peminatnya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selain harga sayuran yang saat ini naik termasuk cabai rawit domba, telur ayam saat ini juga merangkak naik. Untuk harga telur ayam sekarang ini mencapai Rp 31 ribu per kilogramnya.

“Iya naik saat ini Rp 31 ribu per kilogramnya, tadinya Rp 28 ribu. Jadi kalau telur ayam itu setiap hari selalu naik seminggu mau bulan puasa,” ujar salah satu pedagang telur ayam, Ela. 

Ela mengaku, saat ini untuk stok telur ayam masih aman. Sementara untuk pembeli masih stabil.

“Alhamdulillah kalau pembeli ada terus, ya meskipun tiap hari harga naik. Mungkin pembeli juga sudah memprediksi dan hal yang lumrah kalau mau puasa harga-harga suka naik,” ucapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Manis Ciamis Mulai Naik

Sementara itu, untuk harga daging ayam naik Rp 2 ribu menjadi Rp 40 ribu, dari sebelumnya Rp 38 ribu per kilogramnya. Harga tersebut sudah satu minggu kebelakang.

“Sudah satu minggu naiknya, dan tidak ada kenaikan harga lagi,” ujar Ujang Sugiono, pedagang daging ayam Pasar Manis Ciamis. 

Menurutnya, meskipun tidak ada kenaikan harga lagi, namun untuk pembeli saat ini sepi, padahal satu hari lagi bulan puasa. 

“Mungkin sekarang mah banyak pedagang yang jualan di pinggir jalan, sehingga pengunjung tidak ke pasar,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)