Beranda Berita Nasional Empat Desa di Rokan Hulu Riau Terdampak Banjir, 999 Rumah Terendam

Empat Desa di Rokan Hulu Riau Terdampak Banjir, 999 Rumah Terendam

Banjir-Rokan-Hulu-Riau.jpeg

harapanrakyat.com – Sebanyak 999 rumah warga di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, terdampak banjir luapan Sungai Rokan pada Selasa (21/3/2023) malam. Korban banjir itu tersebar di 4 desa di Kecamatan Rambah.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, ketinggian banjir yang menggenangi rumah warga terdampak mencapai 150 sentimeter.

“Daerah terdampak banjir yakni Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Koto Tinggi dan Kelurahan Pasir Pengairan,” ungkap Muhari, Rabu (22/3/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Tak Terima Sistem COD, Konsumen Ngamuk Hendak Pukul Kurir Paket Pakai Tongkat

BPBD Kabupaten Rokan Hulu bersama tim gabungan, kata Muhari, langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi korban terdampak. BPBD juga telah menerjunkan beberapa perahu karet untuk mempermudah pergerakan masyarakat terdampak banjir itu.

Muhari melanjutkan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, wilayah Rokan Hulu pada Rabu (22/3/2023) akan mengalami cuaca cerah berawan hingga hujan ringan. Sementara itu Kamis (23/3/2023), akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Ia mengimbau warga, khususnya yang terdampak banjir untuk melakukan upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi dengan adanya potensi hujan lebat tersebut.

“Kami mengimbau pemerintah daerah melakukan langkah kesiapsiagaan. Misalnya penguatan tanggul menggunakan sandbag di sekitar daerah aliran sungai untuk mengurangi luapan debit air,” tuturnya.

Kemudian bagi masyarakat yang tinggal di sempadan sungai, kata ia, agar membentuk tim penanganan bencana tingkat desa, memantau informasi cuaca dan debit air sungai secara aktual untuk mengurangi potensi risiko ketika terjadi banjir.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Kembali Berulah, Bule Ngajak Ribut Warga saat Upacara Adat di Bali

“Diharapkan dengan melakukan upaya mitigasi bencana tersebut, dapat meminimalisir dampak bencana banjir, khususnya di empat desa yang terdampak luapan Sungai Rokan itu,” ucapnya (Ecep/R13/HR Online)