Beranda Berita Nasional Peringatan Hari Air Sedunia, Ini yang Dilakukan Komunitas Peduli Sungai di Ciamis

Peringatan Hari Air Sedunia, Ini yang Dilakukan Komunitas Peduli Sungai di Ciamis

Hari-Air-Sedunia.jpg

harapanrakyat.com,- Peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day), Komunitas Peduli Sungai (KPS) Cijolang hulu, Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kebersihan sungai.

Deden, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cijolang hulu, Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis mengatakan, peringatan Hari Air Sedunia menjadi momentum untuk menarik perhatian masyarakat akan pentingnya air.

Selain itu, juga sebagai upaya penyadaran untuk pengelolaan air yang berkelanjutan. Dengan harapan mampu membangkitkan banyak pihak dalam berpartisipasi melestarikan sumber air.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Jadi selain dapat menjaga lingkungan, juga kebersihan air sungai tidak tercemari oleh limbah,” kata Deden, Minggu (19/03/2023).

Sementara itu, Camat Panawangan, Kusdinar, melalui Kasi. Pembangunan, Dede Sugihartoyo mengatakan, Hari Air Sedunia merupakan bentuk kesadaran dan upaya mencegah krisis air global di masa depan.

Baca Juga: DPRKPLH Ajak KPS Tingkatkan Kualitas Air Sungai di Ciamis

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebab, manusia tidak bisa hidup tanpa air, termasuk makhluk lainnya yang ada di muka bumi ini.

“Peringatan Hari Air Sedunia yang digelar KPS Cijolang hulu pada intinya untuk menarik perhatian publik akan pentingnya air,” terang Dede.

Lanjutnya mengatakan, pengelolaan air bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Ketiadaan air bisa mengancam kelangsungan hidup dan ekosistem lainnya.

“Air adalah kekayaan yang sangat berharga dan menjadi penting bagi generasi mendatang. Sehingga harus tetap terjaga, bersih, dan bebas dari pencemaran,” tandasnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Peringatan Hari Air Sedunia ini dihadiri Muspika Kecamatan Panawangan, DPRKPLH Kabupaten Ciamis, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, anggota DPRD Ciamis. Serta Ketua Karang Taruna Kabupaten Ciamis dan unsur lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komunitas Peduli Sungai Cijolang hulu juga melakukan penanaman pohon kelapa di Blok Jabrugan, Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)