Beranda Teknologi Waspadai Penipuan Online Modus File APK: Lakukan 5 Tips Ala Tokopedia!

Waspadai Penipuan Online Modus File APK: Lakukan 5 Tips Ala Tokopedia!

Tokopedia-2_800x496.jpg

review1st.com – Penipuan online lewat file APK telah banyak terjadi belakangan ini dan bisa menyebabkan kerugian finansial.

Menurut Bank Indonesia, modus penipuan undangan pernikahan dan kurir paket adalah dua modus penipuan yang marak terjadi.

Hal tersebut dilakukan oleh pelaku dengan mengirim file APK ke calon korban melalui aplikasi pesan singkat. Setelah file APK tersebut diunduh dan diberi izin akses, pelaku dapat mencuri data rahasia dari handphone korban.

Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, memberikan lima tips untuk menghindari penipuan online lewat pengiriman file APK dan menjaga kerahasiaan data pribadi di ruang digital:

  1. Jangan asal klik link atau download file APK. Hindari mengunduh file yang tidak dikenal, terutama jika dikirim dari nomor yang tidak dikenal.
  2. Konfirmasi ulang dan laporkan informasi mencurigakan. Selalu lakukan konfirmasi ulang, melalui jalur terpercaya atau resmi, saat menerima pesan mencurigakan atau file APK dari pihak yang mengaku sebagai kerabat dekat atau instansi lain. Laporkan ke layanan 24/7 Tokopedia Care jika menerima pesan dengan file APK yang mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan.
  3. Aktifkan fitur keamanan dan rutin ganti password. Lakukan pembaruan sistem operasi, aplikasi, dan software pada handphone secara berkala guna meningkatkan keamanan perangkat. Rutin ganti password di seluruh akun, termasuk aplikasi perbankan dan yang berkaitan dengan transaksi digital lainnya. Jangan menggunakan password yang sama antar akun.
  4. Hindari bertransaksi di luar platform resmi. Pastikan proses transaksi jual-beli online selalu dilakukan di dalam platform resmi, seperti Tokopedia. Jangan tergiur dengan penawaran bertransaksi di luar platform resmi.
  5. Jangan bagi data pribadi di media sosial. Hindari membagikan data pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, atau nomor rekening di media sosial.
BACA JUGA:  3 Tips Produktif Menggunakan Galaxy Z Fold6 ala Content Creator Apiipp

Dalam bertransaksi online, penting untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan.

Dengan menerapkan tips di atas, masyarakat dapat menghindari penipuan online lewat pengiriman file APK dan menjaga kerahasiaan data pribadi di ruang digital