Beranda Berita Nasional Jadi Media Edukasi Kesehatan, IDI Luncurkan Podcast Besti Jabar

Jadi Media Edukasi Kesehatan, IDI Luncurkan Podcast Besti Jabar

podcast-Besti-Jabar.jpeg

harapanrakyat.com – Memberikan layanan dan edukasi kesehatan melalui platform media sosial, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat meluncurkan podcast Besti Jabar.

Ketua IDI Wilayah Jawa Barat, dr Eka Mulyana menjelaskan, Besti Jabar merupakan sebuah program podcast atau rekaman audio visual. Masyarakat bisa menyimak podcast ini melalui media internet.

“Besti Jabar adalah Bersama Sehat Teman IDI Jawa Barat. Ini adalah program edukasi dan sosialisasi tentang kesehatan,” ungkap Eka Mulyana, seusai peluncuran podcast Besti Jabar, di Menara Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (17/3/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Animo Warga Bandung Gunakan Kereta Api untuk Mudik Cukup Tinggi

Media penyiarannya, kata Eka, yakni pada platform YouTube, Instagram, dan TikTok. Besti Jabar ini adalah podcast IDI wilayah Jawa Barat, baik untuk internal maupun eksternal dokter di Jawa Barat.

Eka mengatakan, dalam peluncurannya, Besti Jabar mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program Japri atau Jabar Punya Informasi.

“Besti Jabar ini adalah media komunikasi. Karena sekarang di era digital ini banyak informasi berkeliaran yang mesti diluruskan, ternyata banyak sekali hoaks tentang kesehatan,” katanya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam podcast ini, lanjut Eka, pihaknya siap membahas banyak tema. Misalnya mengenai stunting, bahaya narkoba, dan isu-isu lainnya.

Pemprov Dukung Podcast Besti Jabar Edukasi Kesehatan Masyarakat

Sementara itu Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Kemasyarakatan dan SDM, dr Siska Gerfianti mengatakan, Pemprov Jabar sangat mendukung kehadiran podcast ini. Hal itu karena banyak sekali hoaks atau berita bohong di bidang kesehatan.

Baca Juga : Pemkab Bandung Barat Cabut Status KLB Keracunan Massal

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Maka kami mendukung peluncuran program Besti Jabar ini untuk mengedukasi masyarakat dan menciptakan SDM yang unggul,” kata Siska.

Siska mengatakan, Pemprov Jabar bahkan bisa menitipkan sosialisasi berbagai program kesehatan ke program Besti, seperti masalah stunting, Tuberculosis, HIV, dan lainnya.

“Dan jangan lupa pembunuh nomor satu penyakit tidak menular misalnya jantung atau hipertensi, harus menjadi prioritas tematik pada podcast Besti Jabar. Bagi Pemprov Jabar, ini menjadi sesuatu yang luar biasa,” ungkap Siska. (Atep Kurniawan/R13/HR Online/Editor-Ecep)