Beranda Berita Nasional Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Manis Ciamis Mulai Naik

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Manis Ciamis Mulai Naik

Harga-Kebutuhan-Pokok-di-Pasar-Manis-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Menjelang bulan suci Ramadhan, harga kebutuhan pokok di Pasar Manis Ciamis saat ini mengalami kenaikan harga, seperti halnya cabe rawit dan juga bawang merah dan putih.

Salah satu pedagang sayuran di Blok A Pasar Manis Ciamis, Iis mengatakan, ada beberapa jenis sayuran yang saat ini harganya naik seperti halnya cabe rawit jenis domba, tomat, bawang merah dan putih. 

Adapun harga cabe rawit domba saat ini itu yakni Rp 100 ribu dari sebelumnya Rp 90 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah itu Rp 40 ribu dari Rp 30 ribu per kilogramnya, bawang putih Rp 35 ribu dari Rp 25 ribu per kilogramnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Kalau harga tomat itu Rp 10 ribu dari sebelumnya Rp 6.000 per kilogramnya. Kenaikan tersebut baru beberapa hari ini,” katanya, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Nama Wabup Ciamis Dicatut Penipu, Dalih Akan Bantu Cairkan Dana Hibah

Menurutnya, kenaikan harga biasanya suka naik lagi jelang beberapa hari lagi bulan suci Ramdhan. Maka dari itu, pihaknya memprediksi kemungkinan untuk tahun ini juga nantinya akan ada kenaikan harga. 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Biasanya setiap tahun seperti itu, kalau seminggu lagi mau puasa suka naik, dan beberapa hari lagi puasa harga kembali naik,” tuturnya.

Selain harga sayur mayur yang saat ini naik, namun harga kebutuhan pokok seperti telur ayam mulai merangkak naik di Pasar Manis Ciamis. 

“Iya, telur ayam juga naik yang tadinya Rp 27-28 ribu per kilogramnya saat ini Rp 30 ribu per kilogramnya,” ucapnya. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Iis menambahkan, terkait pembeli, meskipun beberapa harga kebutuhan pokok naik, namun pembeli masih ada, mengingat untuk sayuran seperti cabe, bawang merah dan putih itu merupakan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat.

“Alhamdulilah kalau pembeli masih ada, namun kami berharap agar harga kembali normal lagi karena kasihan kepada pembeli,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)