Beranda Berita Nasional Tahun 2024, Pemkab Ciamis Fokus Tuntaskan Target Pembangunan

Tahun 2024, Pemkab Ciamis Fokus Tuntaskan Target Pembangunan

Tahun-2024-Pemkab-Ciamis-Fokus-Tuntaskan-Target-Pembangunan.jpeg

harapanrakyat.com,- Pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten / Pemkab Ciamis akan fokus meningkatkan kinerja dan menuntaskan target pembangunan.

Hal itu terungkap saat Musrenbang RKPD tahun 2024, Kamis (16/03/2023), bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda.

Dari pantauan harapanrakyat.com, Musrenbang RKPD 2024 tersebut dihadiri unsur Forkopimda, seluruh Kepala OPD, Camat, tokoh masyarakat, organisasi wanita, akademisi, pelajar, hingga lembaga swadaya masyarakat baik secara langsung maupun virtual.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd, dalam sambutannya, menegaskan pesan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Fokusnya yakni, kata Tatang, peningkatan kinerja, pengoptimalan program kegiatan dan menuntaskan target pembangunan.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Tatang menyampaikan, dalam program pembangunan tahun 2023 yang saat ini mulai berjalan, pihaknya juga berharap seluruh jajaran pemerintah daerah dapat lebih meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan program kegiatan.

“Sehingga mampu menuntaskan target pembangunan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Hal itu, kata Tatang, semata-mata bertujuan untuk membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Ciamis ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera.

Selain itu, dalam rangka penguatan potensi unggulan daerah, sektor-sektor pendukung peningkatan perekonomian masyarakat perlu diprioritaskan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Antara lain seperti sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata,” katanya.

Menurut Tatang, sektor tersebut merupakan sektor yang cukup strategis dan banyak menyerap tenaga kerja serta memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian daerah.

Sedangkan dalam hal peningkatan potensi SDM, Tatang mengungkapkan perlunya memprioritaskan program kegiatan yang dapat mengakselerasi penurunan angka kemiskinan serta peningkatan akses pendidikan dan kesehatan.

Tatang berharap, seluruh jajaran perangkat daerah senantiasa membangun kolaborasi dan sinergi dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan.

Karena dengan begitu, pelaksanaan pembangunan pada tahun 2024 semakin terarah, terukur dan akuntabel.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Terutama dalam menjawab isu-isu strategis serta permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Ciamis,” katanya.

Pasalnya, lanjut Tatang, pembangunan tidak akan berjalan lancar jika hanya dijalankan oleh Pemerintah Daerah saja.

Untuk itu, menurut Tatang, kerjasama dan partisipasi seluruh komponen masyarakat menjadi modal terbesarnya.

“Kritik membangun, saran dan dukungan sangat dibutuhkan dari semua pihak. Pintu untuk memberikan saran akan selalu terbuka, salah satunya melalui Musrenbang,” pungkasnya. (Fahmi/R4/HR-Online)