Beranda Teknologi Lazada dan Kemenkop UKM tandatangani nota kesepahaman untuk transformasi digital UMKM Indonesia

Lazada dan Kemenkop UKM tandatangani nota kesepahaman untuk transformasi digital UMKM Indonesia

Lazada-MoU-Signing-2_800x533.jpg

review1st.com Lazada dan Kemenkop UKM tandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat UMKM di Indonesia. Penandatanganan MoU dilaksanakan bersamaan dengan acara Lazada Club Festival (11/3).

MoU ini akan digunakan untuk mendorong pengembangan dan transformasi digital UMKM di Indonesia. Kedua belah pihak akan bersama-sama menggunakan kapabilitas dan sumber daya masing-masing untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal ini sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki turut hadir secara virtual dalam acara penandatanganan MoU. Dalam sambutannya, Teten mengatakan, “Saat ini, 21,56 juta UMKM telah go digital, yang berarti 71,8 persen target pemerintah untuk mentransformasi 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital pada 2024 telah tercapai.

“Kami melihat upaya untuk membantu pelaku UMKM untuk naik kelas dan melek digital harus terus dilakukan secara masif. Karena itu kami berharap penandatanganan nota kesepahaman dengan Lazada ini  mampu memperkuat komitmen bersama dalam mendukung upaya percepatan transformasi digital dan UMKM untuk naik kelas.”  

BACA JUGA:  Komunikasi Tanpa Batasan Bahasa dengan Fitur AI On Device di Galaxy Z Flip6
Lazada dan Kemenkop UKM tandatangani nota kesepahaman untuk transformasi digital UMKM Indonesia

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo yang hadir dan mewakili Lazada dalam seremonial penandatanganan MoU mengatakan, “Dengan semangat mendorong transformasi digital, kami akan terus mengembangkan platform eCommerce yang mudah dan inklusif untuk semua pelaku bisnis di Indonesia.

“Kami senang bisa terus berkolaborasi dengan pemerintah, khususnya Kemenkop UKM dan kami siap untuk terus mendukung para UMKM di Indonesia dalam meningkatkan kompetensi dan daya saingnya, agar tidak hanya bisa berkompetisi di negeri sendiri, namun juga mampu mengembangkan bisnisnya hingga ke mancanegara melalui platform digital, seperti melalui eCommerce.”  

BACA JUGA:  Hasil Foto Keren dengan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6: Inspirasi Konten HUT RI

Lazada mempunyai layanan LazGoGlobal untuk memasarkan produk di lima negara Asia Tenggara: Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Layanan tersebut membantu para penjual memperluas pasarnya dengan berbagai kemudahan fitur yang disediakan. Penjual juga akan didukung oleh jaringan Lazada Logistics yang beroperasi di enam negara Asia Tenggara.

Sementara itu, Kemenkop UKM diwakili Ir. Siti Azizah, MBA., Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dalam seremonial penandatangan MoU. “Melalui kerja sama dengan pelaku industri seperti Lazada, kami berharap upaya percepatan transformasi digital bisa terjadi dan para UMKM di Indonesia dapat beradaptasi cepat serta mampu memanfaatkan platform digital untuk menumbuhkan bisnisnya,” ujar Azizah.  

Lazada Club Festival dorong penjual Lazada terus belajar dan kembangkan diri 

Lazada dan Kemenkop UKM tandatangani nota kesepahaman untuk transformasi digital UMKM Indonesia

MoU antara Lazada dan Kemenkop UKM ditandatangani dalam acara Lazada Club Festival Jakarta. Festival ini menjadi acara offline roadshow pertama untuk penjual Lazada di Lazada Club.

BACA JUGA:  Vapor Chamber di Galaxy Z Flip6: Pengalaman Ngonten Lebih Lancar dan Nyaman

Acara ini merupakan puncak dari rangkaian acara pembelajaran bagi penjual Lazada yang telah dilakukan di 21 daerah di Indonesia.

Lazada Club Festival dimulai pada pertengahan tahun lalu di Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya, acara ini lebih banyak dilakukan secara online karena pandemi.

Lazada Club Festival Jakarta dihadiri 200 penjual Lazada secara offline. Mereka belajar dari para pembicara ahli, termasuk dari Lazada dan sesama penjual yang berpengalaman.

Lazada Club kini tersedia di 34 kota di Indonesia dan terus aktif menyelenggarakan program pembelajaran untuk para penjual Lazada.