Beranda Berita Nasional Pantai Tersembunyi di Garut, Cocok untuk Foto Prewedding

Pantai Tersembunyi di Garut, Cocok untuk Foto Prewedding

Pantai-Sancang-salah-satu-pantai-tersembunyi-di-Garut.jpg

Pantai tersembunyi di Garut menghadirkan kepuasan tersendiri khususnya bagi kalangan wisatawan. Jika mengunjungi tempat wisata yang ramai sudah tidak menarik, mengapa tidak coba ke pantai terpencil? Tentunya suasana yang kita dapat akan lebih memuaskan, seperti mempunyai private beach.

Sebagai wilayah dengan julukan Swiss van Java, Garut tidak hanya terkenal dengan kawasan pegunungan. Ada beberapa pantai khususnya di wilayah Garut Selatan, yang terletak di pelosok sehingga belum terlalu banyak pengunjung.

Untungnya, keberadaan pantai ini masih dekat pemukiman warga sehingga tidak perlu takut tersesat.

Meski fasilitas masih seadanya dan masih dalam tahap pengembangan, tempat ini cocok menjadi destinasi liburan low budget. Simak pantai tersembunyi di Garut yang menghadirkan nuansa eksotis dengan pemandangan asri.

Baca Juga: Tempat Camping Terbaik di Garut, Cocok untuk Jernihkan Pikiran

Rekomendasi Pantai Tersembunyi di Garut

Jika  berencana menghabiskan liburan di Garut, berikut rekomendasi objek wisata tersembunyi yang belum terlalu ramai pengunjung.

Pantai Cijeruk

Saat ingin menjernihkan pikiran, mengunjungi pantai tersembunyi di Garut adalah solusi yang paling mujarab. Ada satu pantai di kawasan Garsel yang belum terjamah oleh banyak wisatawan, yaitu Pantai Cijeruk.

Untuk bisa mengakses tempat ini, wisatawan harus menaiki perahu yang bisa muat 3-5 sepeda motor sekali berangkat.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Karena masih dalam tahap pengembangan, Pantai Cijeruk belum menetapkan tarif resmi. Namun, wisatawan harus membayar biaya parkir dan naik perahu untuk bisa tiba ke tujuan. Keindahan pantai ini terletak pada pasir putihnya yang bersih, air lautnya jernih, dan ombaknya besar.

Pantai Karang Paranje

Objek Wisata Karang Paranje menjadi destinasi liburan yang menarik saat Anda mencari pantai tersembunyi di Garut.

Pantai ini memiliki tujuh batu karang ikonik yang dapat membelah ombak. Sepintas bebatuan tersebut tampak menyatu, namun sebenarnya terpisah satu sama lain.

Selain memiliki keindahan yang tiada tara, Pantai Karang Paranje juga menyimpan mitologi atau legenda tersendiri.

Baca Juga: Pantai Terindah di Garut, Ada Dermaga Peninggalan Belanda

Batu-batu karang yang ada di pantai dipercaya sebagai peternakan (paranje) milik sang ratu penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul. Namun, tentu saja keberadaan peternakan ini tidak terlihat oleh mata

Pantai Cidora

Letak Pantai Cidora ada di sebelah barat Ranca Buaya, melewati rumah-rumah, dan akses jalannya agak kecil. Oleh karena itu, Anda bisa langsung membawa motor ke area pantai. Kawasan ini sering menjadi tempat nongkrong oleh pemuda setempat, khususnya pada sore hari.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Di Pantai Cidora, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar batu karang atau yang berpasir. Ada saung atau gazebo sederhana di dekat pantai, sehingga pengunjung bisa bersantai sambil minum kelapa muda. Mengingat ombaknya yang besar, nampaknya pantai ini tidak cukup aman untuk berenang.

Pantai Manalusu

Satu lagi pantai tersembunyi di Garut, yaitu Manulusu. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri, Manulusu punya batu karang hijau yang memancarkan keindahan seperti batu zamrud. Orang Eropa menyebutnya sebagai emerald, batu hijau yang mendatangkan harmoni.

Di sekitar Pantai Manalusu, terdapat warung-warung yang menyediakan ikan bakar dengan harga murah meriah. Pengunjung bisa berekreasi dengan wisata kuliner harga terjangkau, cukup bayar parkir dan tiket masuk saja. Selain itu, ada kolam kecil terpisah dari pantai yang bisa dipakai berenang oleh orang dewasa.

Pantai Cicalobak

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa self healing atau self reward. Karena di Garut ada pantai tersembunyi yang bernama Cicalobak, dengan keindahan tebing luar biasa. Saking indahnya, wisatawan menjadikan tempat ini sebagai lokasi pemotretan pra nikah.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Jika berkunjung ke Pantai Cicalobak, wisatawan akan menemukan sebuah masjid yang megah. Terdapat monumen raksasa yang menghiasi halaman depan masjid, seakan-akan menyambut setiap wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Makanan yang ada di kawasan juga lumayan enak dan murah meriah, sehingga cocok untuk menjadi tujuan liburan sekeluarga. 

Baca Juga: Kolong Langit Coffee Camp Garut, Camping Sambil Ngopi di Hutan Pinus

Pantai Sancang

Di ujung Hutan Sancang, ada pantai yang masih sangat asri dan belum terjamah. Apabila berangkat dari Pantai Cijeruk, wisatawan bisa langsung kesini tanpa perlu membayar tiket masuk lagi. Karena akses jalannya tidak terlalu besar, hanya kendaraan roda dua saja yang bisa masuk ke kawasan ini.

Hanya ada empat rumah penduduk di dekat pantai, namun wisatawan bisa menyewa per malam jika ingin menginap. Penduduknya pun terbilang ramah kepada wisatawan.

Apabila ada wisatawan yang datang tanpa membawa perlengkapan camping, mereka akan langsung menyapa dan menawarkan penginapan.

Mengingat kondisi alamnya yang masih asri, butuh kesadaran dari wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan di salah satu pantai tersembunyi di Garut ini. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)