Beranda Berita Nasional Keren! Pandawara Group dan 200 Relawan Bersihkan Sampah di Pantai Lombok

Keren! Pandawara Group dan 200 Relawan Bersihkan Sampah di Pantai Lombok

Pandawara-Group.jpeg

Viral di media sosial, aksi komunitas peduli lingkungan, Pandawara Group kembali membuat gebrakan bersih-bersih sampah di kawasan pantai Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, bersama 200 lebih relawan lainnya.

Aksi tersebut diunggah melalui akun TikTok @pandawaragroup pada Senin 13 Maret 2023 lalu. 

Hingga artikel ini ditayangkan, video Pandawara Group bersama para relawan bersih-bersih pantai di Lombok itu telah ditonton lebih dari 3 juta kali, mendapatkan 400 ribu lebih likes dan 7 ribu lebih komentar oleh pengguna TikTok.

Terlihat di dalam video, anggota Pandawara Group bersama relawan lainnya mempersiapkan sejumlah alat bersih seadanya seperti sapu, trash bag (kantong plastik, red) dan juga sarung tangan.

Di dalam video dijelaskan, mereka akan membersihkan sampah yang ada di bibir pantai dengan luas 100 meter tersebut.

“Yang sering buang sampah sembarangan di tempat wisata, itu tidak peduli lingkungannya dia sendiri,” ujar seorang relawan yang ikut kegiatan tersebut.

Terlihat, sambil bergotong royong para relawan begitu bersemangat membersihkan sejumlah sampah yang berserakan di area bibir pantai. Meskipun teriknya sinar matahari menyorot aktivitas mereka.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Menurut abang sepenting apa menjaga lingkungan?” tanya perekam video.

“Sepenting kita menjaga diri, karena lingkungan itu bagian dari diri kita sendiri. Ketika lingkungan itu sakit maka diri kita juga sakit,” kata seorang relawan lainnya.

Dalam video diperlihatkan hasil dari kondisi pantai sebelum dan sesudah dibersihkan. 

Nampak hasilnya lebih bersih dan nyaman dilihat dibandingkan sebelumnya. Terlihat pasir pantai begitu kotor tertutup berbagai jenis sampah yang tergeletak begitu saja.

Adapun total sampah yang berhasil dikumpulkan Pandawara Group bersama relawan yakni sebanyak kurang lebih 3,1 ton sampah.

Respon Netizen terhadap Aksi Pandawara Group

Aksi Pandawara Group bersama para relawan itu mendapatkan banyak respon positif dan dukungan dari para netizen.

“Indonesia bangga punya rakyat seperti kalian bg,” ungkap akun @ketemugakb***.

“sumpah keren udh sampai lombok,” ujar @umbrellaa***.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“terimakasih pandawara grup, semoga barokah ya,, semangat,” kata @miccy***.

“3,1 ton, banyak amat bang,” tulis @gilang7***.

“pandawa group inspirasi anak muda bukan maiiinn,” ujar @hare***.

“ini generasi penerus bangsa yg sebenarnya salut buat kalian smga sukses,” ungkap @ineke8***.

Tentang Pandawara Group

Dilansir beberapa sumber, Pandawara Group merupakan sekumpulan anak muda asal Bandung yang menginspirasi. Mereka melakukan gerakan bersih-bersih sampah dan limbah yang biasa ditemukan di aliran selokan atau sungai.

Pandawara Group dibentuk oleh Agung, Gilang, Ikhsan, Rifqi dan Rafly. 

Menurut mereka, nama “Pandawara” terinspirasi dari nama pewayangan yakni “Pandawa Lima”. Hal ini karena dibentuk oleh lima orang pemuda yang sudah berteman sejak SMA tersebut.

Sementara “Wara”, menurut mereka memiliki arti membawa kabar baik, dengan kata lain, mereka ingin mengajak para generasi muda lainnya untuk turut serta melakukan aksi nyata terjun langsung melakukan bersih-bersih sampah yang ditemukan di lingkungan sekitarnya masing-masing.

“Kami memilih turun langsung ke tempat kotor itu, merekamnya dan menyebarluaskan ke media sosial. Harapannya yang melihat konten kami bisa tergerak dan tersadarkan untuk lebih peduli terhadap lingkungannya sendiri,” ujar Pandawa Group saat diwawancarai media.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pandawa Group menegaskan, tanpa pikir panjang, mereka lebih memilih melakukan aksi nyata meskipun harus kotor-kotoran daripada sibuk memikirkan bagaimana caranya memperbesar komunitas mereka sendiri.

“Media sosial memiliki dampak yang sangat luar biasa efektif untuk membuat masyarakat ikut tersadar bahwa kebersihan lingkungan itu sangatlah penting dan kondisinya sangat urgen untuk saat ini,” ungkap Pandawara Group.

Diketahui, Pandawara Group sendiri ternyata telah dinobatkan sebagai “Local Heroes of The Year 2022” lalu oleh TikTok karena dinilai berhasil menginspirasi. Mereka juga dianggap memberi dampak positif serta mengedukasi masyarakat khususnya netizen anak-anak muda yang aktif di media sosial.

“Kami ingin mematahkan stigma ‘mager’ yang sering disematkan kepada para anak muda Indonesia,” tandasnya. (Gumilang/R7/HR-Online/Editor-Ndu)