Beranda Berita Nasional Masuk Anggota KUB, Bank bjb Jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu

Masuk Anggota KUB, Bank bjb Jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu

IMG_20230314_073233_FDG414Sf2D_MGXUPVLt5X.jpeg

harapanrakyat.com,- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) menjadi pemegang saham pengendali (PSP) Bank Bengkulu bersama Pemprov Bengkulu.

Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Bengkulu tahun 2023. Ada pun keputusan strategis lainnya, kini Bank Bengkulu menjadi anggota Kelompok Usaha Bank (KBU) bank bjb. Hal ini sesuai dengan ketentuan dan prosedur perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai pemegang saham Bank Bengkulu, dalam RUPS, bank bjb melakukan penyetoran dan pengambilan saham seri A tahap kedua Bank Bengkulu.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tak hanya sebagai pemegang saham, bank bjb pun sepakat bersama Bank Bengkulu untuk memperkuat ekosistem dan bisnis.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyatakan selain Bank Bengkulu, pihaknya pun tengah mematangkan penjajakan terhadap Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menjadi anggota KUB.

“Selain Bank Bengkulu, kami juga telah berkomunikasi dengan BPD lainnya. Menyatakan minat untuk menjadi anggota KUB,” jelasnya belum lama ini.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM dan Layanan Perbankan, bank bjb dan BAIS Kolaborasi

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sebelumnya, bank bjb tengah berupaya bersama BPD lain untuk membangun sinergi dalam KUB bank bjb. Tujuannya untuk mendorong percepatan penguatan terhadap permodalan bank daerah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun sedang menggodok regulasi KUB terintegrasi.

Yuddy berharap OJK dapat merumuskan ketentuan teknis yang dapat mendorong upaya bank bjb membentuk KUB.

“Semoga aturan mengenai KUB terintegrasi dari OJK, nantinya dapat mendukung langkah kami bersama BPD lain dalam wadah KUB,” ungkap Yuddy.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Selanjutnya, bank bjb akan melaporkan penambahan anggota KUB tersebut kepada OJK setelah mengajukan perizinan. Hal tersebut juga akan dilaporkan kepada para pemegang saham dalam RUPS 2023 pada 4 April 2023.

Sekadar informasi, Bank Bengkulu pada 2022 berhasil membukukan laba bersih Rp 114,2 miliar, naik 30 persen year on year. Hal ini membuktikan Bank Bengkulu memiliki potensi kuat dan meyakinkan dalam pengembangan bisnis dan ekosistem bersama. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)