Beranda Berita Nasional Mendag Gulirkan Program 1000 Warung di Tiap Provinsi Dukung Kewirausahaan Anak Muda

Mendag Gulirkan Program 1000 Warung di Tiap Provinsi Dukung Kewirausahaan Anak Muda

mendag-Zulhas.jpeg

harapanrakyat.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menawarkan program 1000 warung untuk mengembangkan kewirausahaan di kalangan anak muda.

Ia menilai, alasan digulirkannya program 1000 warung anak muda ini yaitu pentingnya pengembangan kewirausahaan kalangan anak muda ini lantaran beberapa hal. Di antaranya yaitu ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini.

“Penting sekali untuk mengembangkan kewirausahaan terutama bagi anak muda. Tidak semua orang bisa menjadi pegawai. Juga tidak semua lapangan pekerjaan tersedia,” ungkap Zulkifli Hasan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/3/2023).

Baca Juga : Dorong UMKM Fesyen di Bandung, Gaun Tertinggi Pecahkan Rekor MURI

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Oleh karena itu, kata Menteri Perdagangan ini, pengembangan kewirausahaan menjadi perhatian penting, khususnya di kalangan anak muda saat ini.

“Kita akan buat program 1000 warung. Paling tidak, sebagai contoh ada provinsi yang jadi contoh. Kemudian tiap kabupaten/kota,” ungkap Zulkifli Hasan.

Ia menegaskan, pihaknya siap menyokong permodalan berikut desain warung untuk program ini. Calon pelaku usaha, kata Zulkifli, tinggal menjalankan usahanya dan mengembalikan modal ketika penjualan sudah menghasilkan keuntungan.

“Modal kita yang carikan. Nanti kalau sudah laku, baru bayar (pinjaman modal). Desain warungnya nanti sudah ada yang ngerjain. Kita bawa pihak perbankan. Pokoknya terima jadi,” ungkap Zulkifli.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Peserta Program 1000 Warung Harus Ikuti Pelatihan

Namun sebelum menjalankan usaha, ia menambahkan, para peserta program 1000 warung ini, akan mendapat pelatihan terlebih dahulu.

Dukungan modal usaha warung tersebut, Zulkifli menambahkan, minimal Rp 40 juta per orang dengan variasi produk sekitar 600 jenis. Apabila usahanya sudah meningkat, lanjutnya, maka bisa naik ke level minimarket dengan variasi lebih dari 1000 produk.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Pangandaran Contoh Daerah Pemekaran Paling Sukses di Jabar, Ini Alasannya

Lebih besar lagi, kata Zulkifli, yaitu supermarket. Namun ia lebih menyarankan para peserta program ini memulai usahanya dari level kecil terlebih dahulu. Ketika sudah terlatih, lanjut Mendag, baru bisa mengembangkan usahanya.

“Nanti (peserta program 1000 warung), berlatih lagi jadi besar dan jadi pengusaha yang menengah ke atas. Syaratnya cuma satu kasih tahu tempatnya ada di mana nanti kita survei,” ungkap Zulkifli Hasan. (Atep Kurniawan/R13/HR Online/Editor-Ecep)