Beranda Berita Nasional Pangandaran Contoh Daerah Pemekaran Paling Sukses di Jabar, Ini Alasannya

Pangandaran Contoh Daerah Pemekaran Paling Sukses di Jabar, Ini Alasannya

jembatan-karang-tirta.jpeg

harapanrakyat.com – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menilai, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menjadi contoh daerah pemekaran yang sukses di Provinsi Jawa Barat.

Dengan demikian, Kabupaten Pangandaran sebagai daerah otonom baru bisa membuka jalan bagi pemekaran-pemekaran daerah lain di Jawa Barat.

“Kabupaten Pangandaran merupakan contoh DOB (Daerah Otonomi Baru) yang sukses. Keberhasilan Kabupaten Pangandaran bisa menjadi rujukan bagi pemekaran daerah-daerah otonom baru di Jawa Barat,” ungkapnya pada uji coba jembatan Karang Tirta Kabupaten Pangandaran, Minggu (12/3/2023).

Baca Juga : Jambore Maskara di Pangandaran Cetak Rekor MURI

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurut anggota Komisi IV DPR RI tersebut, Kabupaten Pangandaran berhasil mengembangkan potensi daerahnya. Seperti pengembangan bidang wisata dan pemberdayaan masyarakat.

Ono menuturkan, ratusan daerah otonom baru telah terbentuk sejak era reformasi. Salah satunya Kabupaten Pangandaran sebagai salah satu daerah pemekaran di Jawa Barat. Meski demikian, tidak semua daerah pemekaran baru itu, berhasil berkembang pesat.

“Pangandaran termasuk yang pesat perkembangannya. Bisa terlihat dari penataan pantainya. Saat ini, Pangandaran menjadi destinasi yang hebat di Jawa Barat. Lalu pembangunan infrastruktur jalan berkembang pesat dan sudah bagus,” ungkapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Ono menambahkan, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata juga secara aktif mencari anggaran untuk membangun Pangandaran. Bahkan juga datang ke ke Komisi IV DPR.

“Pak Bupati Jeje ini tidak tinggal diam. Beliau cekatan mencari anggaran, sehingga Pangandaran bisa berkembang,” katanya.

Ia menambahkan, tidak hanya membangun infrastruktur yang mumpuni, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pangandaran kini memiliki aquarium besar.

Buktikan Keseriusan Daerah Pemekaran Sukses

Mengingat dari sisi pelayanan kesehatan, Pangandaran juga telah membangun rumah sakit lalu puskesmas yang bagus.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Di sisi investasi telah lahir banyak hotel bintang masuk ke Pangandaran. Hal itu membuktikan Pangandaran nyaman untuk investasi dan perkembangannya bagus,” ucapnya.

Baca Juga : Seorang Cucu di Pangandaran Diduga Bakar Rumah Neneknya sampai Ludes

Jembatan Karang Tirta merupakan jalur penghubung antara wisata Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Batu Karas hingga ke Pantai Madasari.

Selain membangun jembatan, saat ini telah tersedia juga jalan baru lintas pantai sebagai akses penyatu wisata pantai di Kabupaten Pangandaran. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)