Beranda Berita Nasional Jambore Maskara di Pangandaran Cetak Rekor MURI

Jambore Maskara di Pangandaran Cetak Rekor MURI

Jambore-Maskara-di-Pangandaran.jpg

harapanrakyat.com,- Jambore Maskara (Mobil Serba Guna Masyarakat Kampung Juara) yang digelar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mencetak rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), Sabtu (11/3/2023).

Ratusan Mobil Maskara dari berbagai desa di Jawa Barat dikumpulkan di Lapang Katapang Doyong, Pantai Timur Pangandaran.

Pemprov Jawa Barat sendiri telah memberikan 398 mobil Maskara kepada sejumlah desa. Rencananya pada tahun 2023 ini, akan ada 75 mobil Maskara lainnya yang akan dibagikan kepada desa-desa di Jawa Barat.

Baca Juga: Kabar Baik Buat Warga Pangandaran, Kini Uji KIR Mobil Tak Perlu ke Ciamis

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum mengatakan, Jambore Maskara di Pangandaran mencetak rekor MURI merupakan suatu kebanggaan masyarakat.

Menurut Uu, mobil Maskara diberikan sebagai hadiah untuk Desa Mandiri. Peningkatan Desa Mandiri sendiri salah satunya diupayakan oleh para kepala daerah.

“Ada peran kepala daerah meningkatkan Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal ke Desa Mandiri, tanpa dibantu tidak mungkin bisa meningkat,” katanya saat hadir dalam acara Karnaval SCTV di Pangandaran, Sabtu (11/3/2023).

Uu melanjutkan ada 1.130 Desa Mandiri di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut, baru setengahnya menerima mobil Maskara.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Rekor MURI berprestasi sebagai hadiah untuk masyarakat di Jawa Barat. Sebanyak 1.130 Desa Mandiri setengahnya baru diberi mobil Maskara, selanjutnya ke depan perlu waktu,” ungkap Uu Ruzhanul.

Lebih lanjut Uu Ruzhanul Ulum menambahkan, mobil Maskara multifungsi, bisa digunakan untuk panggung acara, mengantar orang sakit, da keperluan lain sesuai sikon daerahnya masing-masing.

“Mobil Maskara ini multifungsi dan multiguna, bisa dimanfaatkan apa saja tergantung kebutuhan masyarakat di daerah tersebut,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Bupati Pangandaran Apresiasi Jambore Maskara

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan terima kasih Pangandaran ditunjuk sebagai tuan rumah Jambore Maskara. Menurutnya, Jambore Maskara bukan sekedar pemberian mobil saja, tetapi juga memotivasi Desa Mandiri.

“Ini kumpulan desa 50 persen saja di Jawa barat sudah luar biasa. Di Pangandaran baru 14 desa yang mendapatkan mobil Maskara. Sementara ada 93 Desa di Pangandaran masih ketinggalan, perlu inovasi desa untuk maju menjadi Desa Mandiri,” jelas Jeje. (Madlani/R7/HR-Online/Editor-Ndu)