Beranda Berita Nasional Wisata Petik Anggur Impor di Pangandaran, Ada 30 Varian dari Berbagai Negara

Wisata Petik Anggur Impor di Pangandaran, Ada 30 Varian dari Berbagai Negara

IMG_20230303_043541_c1dNFFCr7d_IjpSJioT3O.jpeg

harapanrakyat.com,- Wisata petik anggur impor kini bisa dijumpai di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Salah satunya kebun anggur milik Surman, petani asal Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Wisatawan bisa belajar budi daya anggur. Selain itu wisatawan juga bisa mencicipi rasa anggur impor dari berbagai negara.

“Ada seratus pohon lebih dari pohon tersebut ada 30 varian atau jenis pohon anggur dari berbagai negara di dunia,” ujarnya, Kamis (2/3/2023).

Surman mengaku awalnya hanya mencoba menanam dan budi daya pohon anggur impor. Kemudian Surman pun mengolah tanah kebun mimiknya. Mengingat Kabupaten Pangandaran identik dengan faktor kondisi cuaca laut. Sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda dan hati-hati.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Memang perlu perawatan yang serius dan intensif serta pupuk dan perawatan khusus. Setelah memasuki usia enam bulan , tiga puluh varian pohon anggur yang kami tanam tersebut Alhamdulillah semuanya berubah,” tegasnya.

Baca Juga: Marak Galian C Tak Berizin di Pangandaran, Dinas ESDM Jabar Panggil Pengusaha

Menurut Surman, sesuai perhitungan, pohon anggur tersebut dapat berbuah setelah memasuki masa usia 12 bulan. Namun dengan teknik stek yang Surman lakukan terhadap pohon anggurnya, hanya dalam waktu 6 bulan saja sudah berbuah.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Itu pun tidak sembarangan ya, kami sangat hati-hati saat merawat anggur. Kami juga menggali ilmu dari berbagai buku yang ada tentang penanaman pohon anggur. Saat ini hasilnya setelah enam bulan lamanya pohon anggur berbuah banyak serta rasanya sangat manis,” jelasnya.

Baca Juga: Petani di Pangandaran Kembangkan Budidaya Anggur, Ini Harapannya

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Surman menyebut keberadaan pohon anggur tersebut, ke depan akan menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata. Para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pangandaran dan bisa datang mengunjungi wisata petik anggur.

“Untuk wisatawan kami akan berikan edukasi tentang budi daya pohon anggur impor tersebut. Selain itu para wisatawan pun bisa sekaligus membeli dengan memetik langsung anggur dari pohonnya,” ungkapnya.

Harga anggur impor tersebut bervariatif sesuai dengan jenis anggur namun masih terjangkau. (Entang/R9/HR-Online/Editor-Dadang)