Beranda Berita Nasional Gara-gara Ulah Anaknya, Rafael Alun Nyatakan Mundur dari PNS Pajak

Gara-gara Ulah Anaknya, Rafael Alun Nyatakan Mundur dari PNS Pajak

Gara-gara-Ulah-Anaknya-Rafael-Alun-Nyatakan-Mundur-dari-PNS-Pajak.jpeg

Rafael Alun Trisambodo nyatakan mundur dari statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) pada Jumat (23/2/2023).

Hal itu ia lakukan setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani mencopot jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) DJP Kemenkeu Kanwil Jakarta Selatan.

Keputusan pahit Rafael ini merupakan  buntut dari kasus anaknya Mario Dandy yang menganiaya dengan sadis kepada bocah bernama David anak dari pengurus Ansor pusat. Akibatnya, David mengalami koma yang cukup serius.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca juga: Profil Rafael Alun Trisambodo, Pejabat DJP yang Anaknya Terjerat Kasus Penganiayaan

Menulis Surat Terbuka, Rafael Alun Nyatakan Mundur dari PNS Pajak

Rafael Alun membuat surat terbuka bermaterai yang isinya adalah pernyataan secara tertulis pengunduran diri dari jabatannya sebagai PNS DJP Kemenkeu.

Dalam surat tersebut, Rafael memohon maaf atas ulah anaknya yang merugikan banyak pihak dan mendoakan David segera pulih kembali.

Mulai tanggal 24 Februari 2023, Rafael Alun juga menyatakan mundur dari jabatannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) DJP Kemenkeu.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Tak hanya itu, dalam surat terbuka juga ia juga siap mengklarifikasi terkait harta kekayaan yang melimpah melebihi harta kekayaan Menteri Keuangan.

Pengunduran Diri Rafael Alun Terbentur Aturan

Berkaitan dengan pernyataan Surat Terbuka pengunduran diri Rafael Alun, ternyata pengunduran diri tersebut terbentur aturan. Hal itu tertuang dalam aturan BKN Nomor 3 Tahun 2020 soal juknis pemberhentian PNS.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam Pasal 5 Ayat (6) bagian C  telah dijelaskan jika seseorang yang bersangkutan tengah menjalani proses pemeriksaan yang melanggar aturan disiplin PNS, maka pernyataan pengunduran diri yang bersangkutan bisa ditolak oleh pihak terkait.

Meskipun demikian, Direktur Penyuluhan DJP, Neilmaldrin Noor mengaku belum menerima surat pengunduran diri dari Rafael secara resmi.

Itulah surat terbuka Rafael Alun nyatakan mundur dari PNS Pajak.( Aji/R8/HR Online/Editor Jujang)