Beranda Berita Nasional Dorong Investasi, BI dan Pemprov Jawa Barat Jemput Bola

Dorong Investasi, BI dan Pemprov Jawa Barat Jemput Bola

gubernur-jabar-soal-investasi.jpeg

harapanrakyat.com,- Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea mengatakan pihaknya akan menjemput bola dalam mendorong investasi di Jawa Barat.

Termasuk memaksimalkan forum West Java Investment Summit (WJIS) yang terselenggara setiap tahunnya. Hal ini pun dapat menarik investor berinvestasi di Jawa Barat.

“Dalam mendorong investasi itu, kita menjemput bola dengan melakukan forum-forum. Jawa Barat mempunyai West Java Investment Summit,” ungkapnya seusai Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Jawa Barat di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga : Selama Dua Pekan Masjid Al Jabbar Ditutup Sementara

Menurutnya, WJIS akan dilanjutkan dengan tema-tema yang sejalan dengan investasi di Jawa Barat. Seperti transportasi, pergudangan, otomotif dan elektronik dan infrastruktur.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Investasi yang sifatnya infrastruktur untuk mendorong kapasitas di Jawa Barat, salah satunya antara Jawa Barat utara dan selatan. Terkait perhubungan masih menjadi pekerjaan rumah. Maka kita coba arahkan investasi kesana,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga terus berkolaborasi dengan pemerintah provinsi Jawa Barat, dalam meningkatkan realisasi investasi.

Sehingga meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja, yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Kendati demikian, dengan pertumbuhan ekonomi Amerika dan Eropa yang mengalami perlambatan pada 2023, maka akan berdampak kepada investasi di Jawa Barat. Oleh karena itu, pihaknya akan mencari pasar baru yang memiliki potensi, salah satunya wilayah ASEAN.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Maka melambatnya juga ekspor ke negara tujuan dari Jawa Barat, seperti Amerika, Eropa, dan Tiongkok. Ada satu yang pertumbuhannya masih bagus yaitu ASEAN, Sehingga ekspor otomotif, alas kaki, dan tekstil bisa kita cari pasar baru di negara-negara ASEAN,” ucapnya.

Gubernur Tanggapi Soal Investasi Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menuturkan, ekonomi Jawa Barat yang tumbuh positif, tidak lepas dari kolaborasi bersama Kantor Perwakilan BI Jawa Barat.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Jadi Jawa Barat pada hari ini lagi keren semuanya. Pertumbuhan tertinggi di Jawa, ekspor tertinggi se-Indonesia, investasi tertinggi se-Indonesia. Bantu kami menjaga makro ekonomi secara baik,” katanya.

Baca Juga : Pemkot Bandung Berikan Jaminan Perlindungan Bagi Non ASN

Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat untuk terus melanjutkan program-program ekonomi di Jawa Barat, dan menjaga stabilitas ekonomi Jawa Barat.

“Jawa Barat banyak program. Ada WJIS juga dengan BI dan juga intervensi BI dari menjaga inflasi dengan program-program pangan ke daerah-daerah secara mikro,” ucapnya. (Rio/R13/HR-Online/Editor-Ecep)