Beranda Berita Subang Bupati Subang Tinjau Harga dan Kondisi Pasar Pamanukan

Bupati Subang Tinjau Harga dan Kondisi Pasar Pamanukan

bupati subang tinjau pasar pamanukan

suarasubang.com Bupati Subang, H. Ruhimat melaksanakan Silaturahmi dengan Pedagang Pasar Pamanukan, bertempat di Pasar Inpres Pamanukan, Rabu (22/02/2023). Acara silaturahmi tersebut diselenggarakan oleh DKUPP Kabupaten Subang bekerja sama dengan Badan Perwakilan Pedagang Pasar (BP3) Pamanukan, dengan tujuan bermusyawarah terkait pembenahan Pasar Pamanukan.

Sebelum acara dimulai, Kang Jimat bersama jajaran melaksanakan safari pasar Pamanukan untuk berinteraksi secara langsung dengan warga pasar Pamanukan sekaligus melihat kegiatan jual beli dan memantau ketersediaan serta harga bahan pokok di Pasar Inpres Pamanukan. Kang Jimat juga meninjau berbagai fasilitas penunjang dan kondisi lapak yang ada di Pasar Inpres Pamanukan.

Membuka acara silaturahmi tersebut, Ketua BP3 Pamanukan Drs. H. Hasan Bisri menghaturkan terima kasih kepada Kang Jimat atas kehadirannya ke Pasar Pamanukan, serta berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan di masa kepemimpinan Kang Jimat.

“Alhamdulillah dapat berkumpul dengan Kang Jimat di Pasar Pamanukan. Atas nama pengurus BP3 mengucapkan alhamdulillah karena di bawah kepemimpinan Kang Jimat selama 4 tahun sudah membebaskan tanah dan pembangunan beberapa ruas jalan termasuk bendungan Sadawarna. Semua itu berkat kerja keras Kang Jimat.”

bupati subang, ruhimat

H. Hasan Bisri menambahkan, Pasar Pamanukan adalah pasar primadona di Kabupaten Subang sehingga berharap kehadiran Kang Jimat di Pasar Pamanukan menjadi harapan bagi waga Pasar Pamanukan. “Pasar Pamanukan adalah primadona psar di Kabupaten Subang.”

BACA JUGA:  Kemarau Tiba, PT DAHANA Berikan Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 2 Cibogo

Kepala DKUPP Kabupaten Subang Dr. Drs. H. Yayat Sudrajat, MM.,M.Si pada kesempatan tersebut menyatakan DKUPP Subang siap mengakomodir kebutuhan warga pasar sesuai dengan perintah Kang Jimat karena memang Pasar Pamanukan adalah pasar milik Pemda Subang. “Kami siap untuk menerima seluruh saran aspirasi dari pedagang atas perintah Pak Bupati. Pasar ini adalah Pasar Pemda dengan jumlah penghuni 256 pedagang pasar.”

H. Yayat menambahkan tujuan pertemuan ini adalah sebagai ajang silaturahmi dan bentuk perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang terhadap Pasar Pamanukan. H. Yayat juga menyampaikan perhatian Kang Jimat pada pedagang sangat besar, terbukti dengan telah dibangunnya beberapa pasar di Kabupaten Subang.

“Tujuan kita silaturahmi. Sudah beberapa pasar yang dibangun oleh Kang Jimat dengan berbagai sumber dana.”

Terkait Pasar Pamanukan, H. Yayat menuturkan pihaknya tidak ingin gegabah dalam pembangunan, karena menurutnya Pasar Pamanukan adalah pasar yang sangat strategis sehingga pembangunannya pun harus direncanakan dengan matang.

“Bukan berarti dibiarkan. Pamanukan ini sangat strategis sehingga harus dibangun dengan rencana. Pasar ini memang sudah tidak layak karena sisa kebakaran. Atas kerja sama antara pedagang dengan Pemda, Pasar Pamanukan bisa terbangun dengan baik.”

Mengawali sambutannya, Kang Jimat memohon maaf atas kondisi Pasar Pamanukan yang tidak terlalu nyaman untuk digunakan. Kang Jimat mengungkapkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang tidak mampu sendirian dalam melaksanakan pembangunan Pasar Pamanukan sehingga Kang Jimat mengajak seluruh pedagang Pasar Pamanukan untuk bermusyawarah mencari jalan keluar terbaik bagi semua pihak.

BACA JUGA:  Pelantikan Anggota DPRD Subang Periode 2024-2029: Wajah Baru Dominasi

“Begitu ningali, kuring lambat dinararaga nyukupan kebutuhan pedagang di Pasar Pamanukan. Kami dalam membangun tidak bisa sendiri, maka dari itu hayu bagaimana baiknya supaya pedagang di sini lebih nyaman. Saya percaya ke para pedagang di Pamanukan untuk tidak egois masing-masing.”

Kepada BP3 Pasar Pamanukan Kang Jimat menghaturkan terima kasih atas perannya dalam mewadahi aspirasi warga Pasar Pamanukan dan berharap BP3 mampu menjadi jembatan penghubung antara warga pasar dengan Pemerintah dalam mencari solusi terbaik.

“Nuhun kepada BP3 Pamanukan yang selalu mencari yang terbaik untuk Pasar Pamanukan sehingga jelas apa yang dibutuhkan. Maka dari itu saya silaturahmi untuk bermusyawarah mencari solusi jalan terbaik agar apa yang diinginkan dapat terwujud.”

Kang Jimat juga memohon maaf atas terhambatnya pembangunan di Kabupaten Subang karena Pandemi Covid-19, namun Kang Jimat mengungkapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang terus berupaya melakukan pembangunan sebagai persiapan hari esok Subang meski di tengah keterbatasan.

“4 tahun jadi Bupati baru sekali berkunjung ke Pasar Pamanukan karena adanya Pandemi Covid-19. Patimban akan memajukan Kabupaten Subang karena Subang akan menjadi tujuan investasi dan menjadi Kawasan Industri. Bagaimana agar dampak negatif dapat diminimalisir?

“Langkah yang dilaksanakan diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang telah menyiapkan lahan untuk pembangunan jalan. Ulah katangkal penduduk geus loba matak sudah disiapkan dari sekarang.”

BACA JUGA:  Penyuluh Pertanian dari Kabupaten Subang Raih Penghargaan Penyuluh Pertanian Teladan Nasional 2024 dari Kementan

Mengenai kondisi Pasar Pamanukan, Kang Jimat mengajak seluruh pedagang untuk berdiskusi dan mengesampingkan ego agar solusi yang tercapai adalah yang terbaik bagi semua pihak. Kang Jimat juga memberikan alternatif pilihan bagi warga Pasar Pamanukan terkait sumber dana pembangunan pasar.

“Kebutuhan pedagang yang ada di sini. Makanya ayo kita musyawarah demi kebaikan bersama. Karena hari esok bakal ada perkembangan, saya juga malu kalau pasarnya seperti ini. Saya inginkan kumaha carana pasar ieu bisa direnovasi. Pedagang nyaman dan pembeli juga akan ramai.

“Terkait hal itu, pola untuk merenovasi bisa dibangun oleh investor, kedua bisa mengandalkan bantuan dari Pemerintah Pusat, yang ketiga gabungan dari keduanya.”

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara Kang Jimat dengan pedagang Pasar Pamanukan yang dimoderatori oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan dr. Nunung Syuhaeri MARS.

Usai melaksanakan silaturahmi dan peninjauan Pasar Pamanukan, Kang Jimat menyempatkan diri untuk menyapa dan berbincang dengan Petugas Kebersihan yang ada di TPS Celeng Pamanukan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala BP4D Subang, Kepala Dinas PUPR Subang, Muspika Kecamatan Pamanukan, Kepala Desa se-Kecamatan Pamanukan, Emak Emak Rempong.