Beranda Berita Nasional BUMDES Bakti Mandiri Ciamis Dorong Ibu-ibu Manfaatkan Lahan Pekarangan

BUMDES Bakti Mandiri Ciamis Dorong Ibu-ibu Manfaatkan Lahan Pekarangan

Manfaatkan-lahan-pekarangan.jpg

harapanrakyat.com,- Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, BUMDES Bakti Mandiri Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dorong ibu-ibu manfaatkan lahan pekarangan.

Ketua BUMDES Bakti Mandiri Herisman mengatakan, pihaknya memotivasi ibu-ibu di Dusun Cicanggong Blok Cibadak untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah. BUMDes mendorong mereka untuk budidaya tanaman terong.

Baca juga: Rumah Rusak Tertimpa Pohon di Ciakar Ciamis, Penghuninya Mengungsi

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Herisman mengatakan, BUMDES berkomitmen untuk membantu ibu-ibu memperoleh penghasilan dan tidak selalu bergantung pada suami. 

Oleh karena itu, BUMDES memberikan 400 bibit tanaman terong ungu serta mengajarkan teknis budidaya yang melibatkan Dinas terkait. 

“Dari 400 pohon tersebut, kemudian kita bagikan kepada 40 orang dengan masing-masing mendapat 10 pohon,” katanya, Jumat (3/2/23).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurut Herisman, setiap pohon bisa menghasilkan 2 hingga 2,5 kilogram terong dengan harga jual Rp.5.000/kg. 

Estimasi keuntungan per pohon tersebut adalah Rp.6.000 setelah dikurangi biaya produksi Rp.4.000/pohon. 

Tak hanya itu, Herisman juga mengungkapkan BUMDES akan membeli hasil panen dan mengambilnya langsung ke rumah masing-masing, sehingga tidak ada biaya tambahan lainnya.

“Kami terus memberikan motivasi dan dukungan untuk memastikan ibu-ibu dapat menghadapi krisis pangan dengan menggunakan lahan pekarangan rumah mereka,” ujar Herisman. (Eji/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)