Beranda Berita Nasional Bangunan SDN 5 Sandingtaman Diterjang Longsor, Disdik Ciamis Usulkan Perbaikan

Bangunan SDN 5 Sandingtaman Diterjang Longsor, Disdik Ciamis Usulkan Perbaikan

IMG_20230126_202555_Q8naBpYP8G_amh5gdfU1d.jpeg

harapanrakyat.com, – Bangunan SDN 5 Sandingtaman, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak akibat diterjang tebing longsor, Rabu (25/1/2023). Dinas Pendidikan pun mengusulkan perbaikan setelah ada asesmen (penilaian) dari BPBD Ciamis.

Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan setelah kejadian pihaknya langsung ke lokasi setelah mendapatkan laporan bahwa beberapa ruang SDN 5 Sandingtaman rusak akibat tertimpa material longsor.

“Iya benar, kami langsung ke lokasi melihat kondisi bangunan tersebut secara langsung,” katanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurutnya, bangunan yang rusak akibat terjangan longsor ada dua ruangan, yakni ruang kelas 4 dan juga ruangan kantor. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga: Akibat Hujan Deras, Ruangan Kelas dan Kantor SDN 5 Sandingtaman Ciamis Tertimpa Longsor

Sementara untuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM) SDN 5 Sandingtaman masih berlanjut. Namun, untuk kelas 1 dan 2 itu berlaku sif, sedangkan untuk kelas 3,4,5 dan 6 seperti biasa.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Untuk kelas 1 dan 2 aja gantian, sedangkan untuk kantor sendiri pindah sementara ke ruangan perpustakaan,” tuturnya.

Kadisdik telah melaporkan bencana longsor tersebut ke BPBD Ciamis. Saat ini pihaknya masih menunggu hasil asesmen dari BPBD Ciamis.

“Kalau sudah ada hasil asesmen dari BPBD Ciamis, akan kami usulkan untuk mendapatkan anggaran rehabilitasi bangunan SDN 5 Sandingtaman yang diterjang longsor,” pungkasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sebelumnya, ruangan kelas dan kantor SDN 5 Sandingtaman rusak karena tertimpa longsor pada Rabu (25/1/2023) pada pukul 18:30 WIB.

Bencana longsor tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Panjalu dan sekitarnya hujan deras. Sehingga menyebabkan bangunan SDN 5 Sandingtaman rusak. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)