Beranda Berita Nasional Ruas Jalan di Desa Mekarbuana Ciamis Alami Longsor, Warga Tak Bisa Beraktivitas

Ruas Jalan di Desa Mekarbuana Ciamis Alami Longsor, Warga Tak Bisa Beraktivitas

Ruas-Jalan-di-Desa-Mekarbuana-Ciamis-Alami-Longsor.jpeg

harapanrakyat.com,- Akses jalan Desa sepanjang 25 meter yang berada di Blok Cikubang, lingkungan Sinagar, Dusun Kalapa, Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, alami longsor, mengakibatkan akses jalan lumpuh total, Minggu(8/1/2023).

Ade Sambas Kepala Desa Mekarbuana melalui Kaur ekonomi dan pembangunan Anda Lesmana mengatakan, longsor tersebut terjadi Sabtu (7/1/2023) sekitar pukul 17.00 WIB, saat hujan deras terjadi.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Jalan yang terputus sepanjang 25 meter, sementara panjang longsor sekitar 30 meter dan  ke bawah tebing sekitar 50  meter,” ujar Anda.

Kata dia, longsor tersebut mengakibatkan selain akses jalan penghubung antar Dusun menjadi lumpuh total, warga tak bisa beraktivitas.

“Kemudian mengakibatkan areal pertanian milik warga rusak tertimbun material longsoran dan Tembok Penahanan Tanah (TPT) yang baru  rampung dari pengerjaan juga ambruk,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Lanjutnya, atas peristiwa tersebut Pemerintah desa belum bisa memastikan berapa besar kerugian yang dialami, sebab dampak dari longsornya jalan tersebut meluas ke areal persawahan dan kebun yang berada di sekitarnya.

M3nurut Anda, selama akses jalan penghubung antar Dusun tidak secepatnya diperbaiki, maka aktivitas masyarakat akan terhambat karena akses jalan tidak bisa dilewati baik oleh kendaraan maupun pejalan kaki.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Saat ini Pemerintah Desa sedang menginventarisir semua kerusakan yang disebabkan oleh bencana longsor, sebagai sebagai laporan ke tingkat Kecamatan maupun Kabupaten,” jelasnya.

Anda berharap, dengan adanya bencana longsor yang menimpa wilayah Desa Mekarbuana, pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memberikan bantuan untuk segera melakukan perbaikan. (Edji/R8/HR Online/Editor Jujang)