Beranda Berita Nasional Di Tahun 2022, Dinas Tenaga Kerja Mampu Mewarnai Capaian Prestasi Kabupaten Ciamis

Di Tahun 2022, Dinas Tenaga Kerja Mampu Mewarnai Capaian Prestasi Kabupaten Ciamis

Di-Tahun-2022-Dinas-Tenaga-Kerja-Mampu-Mewarnai-Capaian-Prestasi-Kabupaten-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Di tahun anggaran 2022 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mampu mewarnai capaian prestasi kinerja yang cukup gemilang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, H Okta Jabal Nugraha ST MM mengatakan, selama tahun 2022,  bidang pelatihan dan produktivitas tenaga kerja mengadakan pelatihan kepada 700 peserta. Dan hasilnya adalah dapat mengimplementasikan terhadap penempatan dari pelatihan kerja berbasis kompetensi tersebut mencapai 54%.

Lanjut Okta, untuk kinerja pada bidang penempatan tenaga kerja dan transmigrasi selama tahun 2022, sudah memfasilitasi layanan pembuatan AK-1 sebanyak 9.902 orang.

“Kami juga bekerja sama dengan BKK dalam menempatkan pencari kerja yang ada di Kabupaten Ciamis. Dan  penempatan kerja pada tahun 2022 sebanyak 3.852 orang, itu merupakan capaian yang sangat baik dalam mengawal target 10.000 tenaga kerja sampai dengan 2024, dan total sampai dengan akhir Desember 2022 adalah 9.961 orang, artinya sudah mencapai 99%,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sementara itu, terkait perlindungan ketenagakerjaan, selama tahun 2022, Disnaker Ciamis intens mensosialisasikan BPJS ketenagakerjaan, sehingga pada tahun 2022 BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Ciamis mencapai 4.723 orang.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, Dinas Tenaga Kerja Ciamis Buka Ruangan Baru

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis, H Okta Jabal Nugraha ST MM, menerima penghargaan LPK terbaik tingkat Jabar.

Prestasi Dinas Tenaga Kerja Ciamis Tahun 2022

Pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2022, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) hasil Pembinaan Disnaker Kabupaten Ciamis meraih Peringkat 7 besar terbaik, dari 91 LPK yang terakreditasi mengikuti LPK Award se- Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sebelumnya, pada tanggal 16 Desember 2021, salah satu alumni peserta pelatihan atas nama Yuninda Sholikhah mendapat penghargaan juara 3 tingkat Nasional Vokasi Award.

H Okta menuturkan, Dinas Tenaga Kerja Ciamis, fokus pada peningkatan kompetensi atau keahlian bagi angkatan kerja (SDM), khususnya penyerapan tenaga kerja dan juga kewirausahaan bagi masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian.

Kata dia, sektor ketenagakerjaan erat kaitannya dengan laju pertumbuhan ekonomi. Untuk itu memiliki peran penting dalam membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat dengan potensi unggulan lokal, dalam membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Hal ini sesuai dengan arahan Pak Bupati Ciamis, pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, melaksanakan program pelatihan dan produktivitas kerja bagi masyarakat, ini merupakan wujud implementasi dari visi misi Bupati Ciamis dalam RPJMD  kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Okta berharap, program pelatihan dan keterampilan ini mampu meningkatnya kualitas dan kompetensi SDM serta mendidik  dan mengembangkan kewirausahaan bagi masyarakat.

“Sehingga penyerapan tenaga kerja menjadi naik, pendapatan masyarakat meningkat, dan tingkat pengangguran juga berkurang. Serta dalam meraih penghargaan kedepannya dapat meningkatkan aspirasi untuk tahun yang akan datang,” pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)