Beranda Berita Nasional Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemdes Bantarsari Ciamis Kembangkan Peternakan Domba Garut

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemdes Bantarsari Ciamis Kembangkan Peternakan Domba Garut

Tingkatkan-Perekonomian-Masyarakat-Pemdes-Bantarsari-Ciamis-Kembangkan-Peternakan-Domba-Garut.jpg

harapanrakyat.com,- Tingkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican, Ciamis, Jawa Barat, mengembangkan ternak domba Garut yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2022.

Kepala Desa Bantarsari, Adang Sutarman mengatakan, ternak domba Garut tersebut dikelola langsung oleh kelompok masyarakat.

Menurutnya, potensi di desa Bantasari untuk pengembangan ternak domba sangat bagus, maka dalam program ketahanan pangan sumber anggaran DD tahun 2022 pihaknya bersama lembaga yang ada sepakat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ternak domba Garut.

“Domba Garut ini dinilai mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga patut rasanya untuk dikembangkan,” ujar Adang, Selasa (3/1/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca juga: Kampung Kuta Ciamis Perlu Sarana Air Bersih

Pemdes Bantarsari Ciamis Beri Bimbingan Teknis ke Pokmas

Menurut Adang, untuk pengembangan domba Garut yang dikelola oleh kelompok masyarakat, pihaknya juga memberikan bimbingan teknis serta menyiapkan lahan untuk penanaman pakan serta pengembangan hortikultura

Sehingga nantinya peternak tidak akan lagi kesulitan untuk mencari pakan, karena semuanya sudah disiapkan dalam sebuah lahan.

Selain itu di sekeliling lahan pakan ditanami pepaya, sehingga nantinya bisa menjadi aset yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Untuk kotoran dombanya kan kita jadikan pupuk kompos untuk media penyubur tanaman, baik rumput ataupun tanaman pepaya serta palawija lainnya,” terangnya.

Lanjut Adang, di periode kedua memimpin Desa Bantarsari, Ia mempunyai misi membangun desa dari semua sisi aspek unggulan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dari Bumdes, alhamdulillah sudah bisa menyumbang PAD, nah sekarang peternakan domba pun saya berharap selain mampu mendongkrak taraf perekonomian, namun juga bisa menyumbang PAD yang nantinya bisa kembali bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Adang menambahkan, untuk PAD Bumdes tahun kemarin, sebagian anggaran ada untuk program sosial, seperti halnya pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) serta pakaian Linmas dan RT/RW.

“Saat ini Bumdes Bantarsari juga tengah mengembangkan sarana air bersih yang akan disalurkan ke rumah para penduduk,” katanya.

Diketahui Desa Bantarsari Kecamatan Pamarican, belum lama ini meraih penghargaan juara dua dalam program Bumdes Award 2022 yang diselenggarakan oleh DPMD dan Kejaksaan Negeri Ciamis. (Suherman/R8/HR Online/Editor Jujang)