Beranda Berita Nasional Geledah Kamar Warga Binaan Lapas Banjar, Petugas Amankan Barang Berbahaya

Geledah Kamar Warga Binaan Lapas Banjar, Petugas Amankan Barang Berbahaya

Lapas-1.jpg

harapanrakyat.com,- Geledah kamar warga binaan Lapas Kelas II B Banjar, Jawa Barat, petugas gabungan dari Lapas, Koramil Langensari dan Polsek Pataruman Polres Banjar, berhasil mengamankan sejumlah barang berbahaya.

Dalam razia tersebut, barang berbahaya yang berhasil diamankan petugas gabungan dari kamar warga binaan Lapas Banjar berupa pisau dan obeng.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjar Muhammad Maulana, melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Arif Hermawan mengatakan, operasi penggeledahan tersebut untuk meningkatkan pengamanan Lapas jelang Natal dan tahun baru (Nataru) 2022.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Dari hasil penggeledahan, petugas gabungan mendapati berbagai barang berbahaya. Seperti pisau, gunting, obeng, kabel listrik dan berbagai barang berbahaya lainnya yang tersimpan dalam kamar warga binaan Lapas.

“Hasil penggeledahan petugas mendapati alat pemanas pisau, kabel, paku dan barang berbahaya yang berpotensi bisa mereka salahgunakan,” kata Arif kepada wartawan, Rabu (21/12/2022), usai razia gabungan.

Baca Juga: Polisi Razia Tempat Hiburan di Ciamis, Hasilnya Mengejutkan!

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Lanjutnya menjelaskan, pihaknya akan menginventarisir barang-barang dari hasil penggeledahan milik warga binaan. Untuk selanjutnya dimusnahkan.

Selain itu, petugas akan melakukan pemanggilan terhadap warga binaan yang kedapatan memiliki barang-barang terlarang tersebut. Petugas juga dapat memberikan sanksi bagi yang terbukti melanggar.

“Sanksinya bagi yang menyimpan senjata tajam bisa isolasi maksimal dua minggu. Ada sanksi berat, seperti tidak diikutkan program asimilasi, dan tidak diusulkan mendapatkan remisi,” terang Arif.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Ia menambahkan, penggeledahan kamar warga binaan Lapas dalam operasi gabungan tersebut sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan pengamanan di Lapas Banjar. Terlebih menghadapi perayaan Natal dan tahun baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

“Opsar gabungan ini untuk peningkatan kewaspadaan menghadapi Natal dan tahun baru. Kondusifitas sejauh ini terjaga, kegiatan pembinaan juga tetap berjalan seperti biasanya,” pungkas Arif. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)