Beranda Berita Nasional Cegah PMK, Ratusan Domba dan Kambing di Panawangan Ciamis Divaksin

Cegah PMK, Ratusan Domba dan Kambing di Panawangan Ciamis Divaksin

Domba-dan-Kambing-di-Panawangan-Ciamis-Disuntik-PMK.jpg

harapanrakyat.com,- Untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), ratusan domba dan kambing di Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat divaksin tahap satu.

Yaya Sugiarto, petugas vaksin menyebutkan, ternak domba dan kambing Program Ketahanan Pangan di wilayah Kecamatan Panawangan disuntik vaksin untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK.

“Ya, vaksinasi pada ternak domba dan kambing merupakan upaya untuk pencegahan terhadap penyakit karena sudah diberikan kekebalan (antibodi). Sehingga dapat melawan antigen atau mikro organisme penyebab penyakit,” katanya, Rabu (21/12/2022).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Yaya menjelaskan, PMK sebetulnya bukan penyakit zoonosis atau tidak menular ke manusia, sebab bisa disembuhkan asal telaten dalam pengobatannya.

Baca Juga: Macan Tutul dan Macan Kumbang Tak Lagi Turun, Gunung Sawal Ciamis Terpantau Aman

Lanjutnya menambahkan, dalam pemberian vaksin pada ternak bukan hanya bisa dilakukan melalui suntikan. Akan tetapi, ada metode lainnya seperti bisa dilakukan melalui makanan, minuman dan penyemprotan.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Untuk suntik vaksin itu sendiri semestinya dilakukan setiap enam bulan sekali. Sebab, apabila tidak divaksin sangat rentan terhadap penyakit,” jelasnya.

Yaya menegaskan, meski di wilayah Kecamatan Panawangan nihil PMK, semua ternak domba, kambing dan sapi akan diberi suntik vaksin.

“Sebagai tahap awal suntik vaksin PMK aftosa difokuskan pada ternak Program Ketahanan Pangan,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)