Beranda Berita Nasional Ratusan Monyet Liar Teror Warga Desa Tanjungsari Tasikmalaya

Ratusan Monyet Liar Teror Warga Desa Tanjungsari Tasikmalaya

Ratusan-Monyet-Liar-Teror-Warga-Desa-Tanjungsari-Tasikmalaya.jpg

harapanrakyat.com,- Gerombolan monyet liar teror warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Bahkan, monyet liar tersebut selain merusak genting dan takuti warga, juga menjarah hasil pertanian warga.

Aksi gerombolan monyet liar yang bikin warga Desa Tanjungsari resah tersebut, terekam video amatir warga. Dalam rekaman video tersebut, terlihat monyet bergelantungan di pepohonan yang tak jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga: Kawanan Monyet di Tasikmalaya Turun Gunung, Diduga Kelaparan

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Terdengar sejumlah warga berteriak mengusir kawanan monyet agar kembali ke hutan.

Menurut penuturan warga, teror gerombolan monyet liar terjadi beberapa pekan terakhir, dengan masuk ke perkebunan hingga pemukiman penduduk.

“Jumlahnya ada sekitar ratusan. Monyet tersebut ngambil pisang, singkong, pepaya, kapol hingga pala. Bahkan mencabut bibit pepohonan albasiah,” Kata Fatimah, korban penjarahan monyet, kepada harapanrakyat.com, Rabu (21/12/2022).

Atas monyet liar yang turun gunung tersebut, membuat warga Desa Tanjungsari, Kabupaten Tasikmalaya menjadi resah. Lantaran datangnya pun selalu bergerombolan dan hanya pagi hari.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Bukan hanya resah tapi juga takut. Harapan saya cuma monyet gak turun lagi,” ucapnya.

Baca Juga: Monyet Liar Masuk Perkampungan, Warga Maleber Ciamis Resah

Sementara itu, Kasi Pelayanan Desa Tanjungsari, Dedi Supriadi, memastikan gerombolan monyet liar yang teror warga turun dari Gunung Tawilis berjarak 7 kilometer dari pemukiman.

Ia menduga, bahwa kedatangan monyet tersebut untuk mencari makan, akibat persedian makanan di habitat aslinya berkurang.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Monyet-monyet itu datang dari Gunung Tawilis. Kayanya nyari makan dengan merambah lahan pertanian milik warga. Kalau nyerang warga nggak ada. Tapi monyet ini hanya menjarah hasil bumi milik warga,” katanya.

Sedangkan untuk menanggulangi teror monyet liar, warga sudah meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)